Partai Ummat Amien Rais Muncul, Gerindra Pede Suara Pemilihnya Loyal

Amien Rais (tengah).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Manuver Amien Rais yang mengumumkan nama parpol barunya yaitu Partai Ummat direspons berbagai pihak, salah satunya elite Gerindra. Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyampaikan kemunculan Partai Ummat merupakan hal yang positif.

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Dasco mengatakan, pendirian partai di Indonesia merupakan bentuk kebebasan yang diatur undang-undang. Kata dia, tak ada masalah dari langkah Amien dengan mendirikan partai baru yang berazaskan Islam rahmatan lil'alamin tersebut.

"Ya sejauh ini kan kebebasan berserikat, berkumpul termasuk membuat partai itu kan dijamin haknya oleh konstitusi kita. Yang dilakukan Pak Amien Rais sepanjang kemudian mengikuti aturan yang ada saya pikir tidak ada masalah membuat partai baru," kata Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 1 Oktober 2020.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Baca Juga: Amien Rais Bikin Partai Ummat, PPP: Ujian di Pemilu, Laku atau Tidak

Dasco berharap dari lahirnya partai baru itu dapat membawa manfaat bagi demokrasi di Indonesia. "Mudah-mudahan bisa menambah iklim sehat demokrasi di Indonesia," ujar Dasco.

MK Kirim Surat ke Pihak Anies dan Ganjar untuk Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024

Terkait persaingan parpol, Dasco tidak begitu mengkhawatirkannya. Lagipula, kata Dasco, partai baru yang akan ikut serta dalam Pemilu 2024 diyakini tak hanya satu, tapi ada beberapa partai lagi.

Maka itu, Gerindra akan terus memperkuat basis pemilihnya. Partai berlambang Garuda ini juga berkomitmen menghadirkan program yang memberi manfaat banyak kepada rakyat. Dia pun yakin suara pemilih Gerindra masih loyal.

"Saya pikir ini kan persaingan dalam demokrasi, ya partai baru itu nanti akan juga akan ada beberapa. Jadi bukan hanya partai ini. Saya pikir enggak ada masalah sepanjang masing-masing partai politik punya kursi bisa menunjukkan program dan komitmen kepada masyarakat, ya kita tetap yakin bisa menjaga konstituen kita," ujarnya.

Sebelumnya, Amien Rais menyampaikan alasan membentuk Partai Ummat karena untuk kepentingan rakyat. Menurut dia, kondisi saat ini seperti hanya menguatkan konglomerat, bukan rakyat.

Menurut dia, perlu ada ikhtiar dalam kondisi sekarang. Salah satu ikhtiar itu dengan menegakkan keadilan sekaligus melawan kezaliman secara sistematis lewat perjuangan politik.

"Partai Ummat, insha Allah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," ujar Amien. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya