Satgas COVID-19: Vaksin Bukan Satu-satunya Jaminan Penuntasan Pandemi

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menyampaikan bahwa vaksin bukan satu-satunya jalan keluar agar penularan virus dapat dihentikan. Satgas mengimbau, saat ini, cara paling ampuh menekan penularan di masyarakat adalah disiplin mengikuti protokol kesehatan.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Jadi vaksin ini bukan satu-satunya jaminan keberhasilan penuntasan pandemi COVID-19 di Indonesia," kata Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, di Jakarta, Kamis, 8 Oktober 2020.

Menurut Wiku, vaksin hanyalah intervensi medis untuk memberikan imun kepada masyarakat agar tidak tertular.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Vaksin merupakan salah satu bentuk intervensi medis untuk memperkuat imunitas masyarakat di tengah pandemi. Program vaksinasi ini juga harus diikuti kesadaran dan kedisiplinan masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan," kata dia.

Baca juga: Satgas Peringatkan Demonstrasi Berpotensi Tinggi Tularkan COVID-19

Wiku mengatakan pemerintah dan Satgas terbuka terhadap perguruan tinggi yang ingin meneliti vaksin anti virus corona, dan kemudian memproduksinya secara massal. Namun, di sisi lain, pengembangan vaksin pun dinilai perlu waktu penelitian yang cukup tepat dan cepat.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Kami juga terus mendukung dan berkoordinasi dengan perguruan tinggi tersebut. Dan memastikan bahwa produksi vaksin, bekerja sama dengan industri, dapat berjalan dengan baik cepat dan aman sesuai dengan standar ilmiah yang sudah ditetapkan," ujarnya.

Saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu, jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Jauhi Kerumunan serta  Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#pakaimasker
#jagajarak
#cucitangan
#satgascovid19
#ingatpesanibu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya