Bengkulu Diguncang Gempa Magnitudo 5, Terasa Seperti Truk Berlalu

Gempa Bengkulu.
Sumber :
  • BMKG.

VIVA – Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Bengkulu, Sumatera diguncang gempa tektonik, hari Sabtu, 10 Oktober 2020 pukul 17.43.05 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 4,9.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,67 LS dan 102,70 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 33 km Barat Daya Bengkulu Selatan, Bengkulu pada kedalaman 46 km. 

Maka, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Baca juga: Trump Kena Corona, Debat Capres AS Kedua Dibatalkan

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault)," katanya. 

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Dampak guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Manna III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), Bengkulu Utara dan Kepahiang II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

Untuk hal itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Hal ink bertujuan agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya