Jadi Tersangka Korupsi Jiwasraya, Mantan Pejabat OJK Akhirnya Ditahan

Ilustrasi persidangan Jiwasraya
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Tim penyidik Kejaksaan Agung telah melakukan penahanan terhadap tersangka kasus korupsi Jiwasraya, Fakhri Hilmi, yang merupakan mantan Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Senin, 12 Oktober 2020.

Kasus Penganiayaan Sesama Mahasiswi di Karawaci, Korban Minta Tersangka Dihukum Berat

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono menjelaskan, penyidik melakukan serangkaian tindakan penyidikan terhadap Fakhri Hilmi setelah ditetapkan sebagai tersangka baik itu pemeriksaan alat bukti berupa saksi, ahli dikaitkan dengan bukti lain termasuk keterangan tersangka.

"Maka, hari ini terhadap tersangka FH dilakukan penahanan dengan jenis penahanan di Rutan Salemba cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan," kata Hari di Kejaksaan Agung pada Senin, 12 Oktober 2020.

Penampakan Pembunuh Wanita Open BO di Pulau Pari

Baca juga: Demo Gelombang Kedua UU Ciptaker, 7.500 Brimob Siaga di Jakarta

Menurut dia, penahanan terhadap tersangka Fakhri ini dilakukan selama 20 hari ke depan sejak Senin, 12 Oktober sampai 31 Oktober 2020. Tentu, Penahanan ini dilakukan oleh tim penyidik berdasarkan pertimbangan dan wewenang yang dimilikinya sesuai aturan yang berlaku.

Panji Gumilang Gugat Status Tersangka TPPU, Ini Kata Polri

"Penahanan dilakukan untuk mempermudah proses penyelesaian perkara tindak pidana korupsi," ujarnya.

Diketahui, Fakhri Hilmi dijadikan tersangka kasus korupsi Asuransi Jiwasraya karena perannya dikaitkan tugas dan tanggungjawab sebagai pejabat OJK dalam kaitan dengan pengelolaan keuangan yang dilakukan Jiwasraya. Termasuk, perbuatan dilakukan para terdakwa yang sudah disidangkan dalam kelola Jiwasraya.

Adapun, enam orang tersangka kasus korupsi Jiwasraya yakni mantan Direktur Utama Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim, mantan direktur keuangan Asuransi Jiwasraya Harry Prasetyo, dan mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya, Syahmirwan. Selain itu, tersanka lainnya adalah Benny Tjokrosaputro, Heru Hidayat dan Joko Hartono Tirto. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya