Ratusan Demonstran Reaktif COVID-19, Satgas: Diprediksi Akan Meningkat

ilustrasi demonstrasi Omnibus law
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melaporkan bahwa sebanyak 123 demonstran yang turun ke jalan menentang Omnibus Law Cipta Kerja terkonfirmasi reaktif COVID-19. Hal ini dianggap mengkhawatirkan, sebab sudah sejak awal terjadi klaster penularan baru.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

"Terkait antisipasi penularan COVID-19 dari aksi unjuk rasa yakni dari massa yang diamankan oleh TNI dan Kepolisian yang mengawal jalannya aksi di beberapa provinsi, kondisinya sangat memprihatinkan," kata Juru Bicara Satgas, Wiku Adisasmito, Selasa, 13 Maret 2020.

Wiku menyampaikan, hasil reaktif itu datang dari berbagai daerah. Diantaranya ada di Sumatera Utara sebanyak 21 orang, DKI Jakarta 34 orang, Jawa Timur 24 orang. Kemudian, 30 orang di Sulawesi Selatan, 13 orang di Jawa Barat, dan 1 orang di Yogyakarta.

Restrukturisasi Kredit Berakhir, Bank Mandiri: Kondisi Debitur Terdampak COVID-19 Kembali Normal

Baca juga: Satgas Minta Demonstran dan Petugas Keamanan Segera Tes COVID-19

Apa yang terlihat itu, menurut Wiku, baru puncaknya saja. Sehingga kalau ditelusuri, akan jauh labih banyak. "Ini adalah cerminan puncak gunung es dari hasil pemeriksaan yang merupakan contoh kecil saja bahwa virus ini dapat menyebar dengan cepat dan luas," kata Wiku.

Program Restrukturisasi Kredit Terdampak COVID-19 Berakhir, OJK Ungkap Alasan Tak Diperpanjang

Wiku memprediksi jumlah kasus positif COVID-19 bakal meningkat dalam waktu dekat. Untuk mengantisipasi ke depan, jika ada kerumunan atau aksi massa lanjutan diharapkan untuk dilakukan pendataan dan juga testing.

"Angka ini diprediksi meningkat dalam dua sampai tiga minggu ke depan. Karena peluang adanya penularan COVID-19 dari demonstran yang positif demonstran lainnya," ujarnya. (ase)

Wapres ke-10 dan 12 sekaligus politikus senior Partai Golkar, Jusuf Kalla di Perpusnas, Jakarta Pusat, Senin, 4 Maret 2024

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK) mengaku bersyukur Lebaran pada tahun ini lebih ramai dan syahdu daripada tahun-tahun sebelumnya ketika wabah COVID-19 melanda.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024