Senin Pagi Mentawai Diguncang Gempa 5,1 SR Terasa Sampai Bengkulu

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Padang Panjang, Sumatra Barat merilis gempa bumi berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Kepulauan Mentawai, Senin 19 Oktober 2020 pukul 05.48 WIB. Hingga kini belum ada laporan tentang adanya kerusakan maupun korban jiwa dampak lindu di tanah Sikerei itu. 

Gencarkan Promosi, Langkah Sandiaga Pulihkan Pariwisata Gunung Ruang usai Erupsi

Berdasarkan parameter sementara BMKG, gempa dengan kedalaman 10 kilometer tersebut, berada di koordinat 3.33 Lintang Selatan dan 100.25 Bujur Timur. Gempa bumi ini dilaporkan tidak berpotensi tsunami.

Menurut Kepala kantor pos Pencarian dan Pertolongan Mentawai, gempa yang berada di 38 kilometer Barat Daya Pulau Lagai Selatan, 127 kilometer Barat Daya Muko-Muko Bengkulu itu, sama sekali tidak dirasakan oleh warga. Kondisi Mentawai pascagempa ini masih aman.

Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

“Berdasarkan monitoring kita, untuk laporan sementara, gempa ini, tidak dirasakan sama sekali. Baik oleh warga yang berada di dalam maupun di luar ruangan,” kata Akmal pada Senin 19 Oktober 2020.

Meski di tanah Sikirei (Julukan Mentawai) kata Akmal, tidak dirasakan, namun gempa bumi ini cukup dirasakan oleh warga Muko-Muko Bengkulu. Meski demikian, belum ada laporan dampak kerusakan di sana akibat gempa ini.

Aktivitas Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Tinggi, Menurut Badan Geologi

“Laporan dari Kakansar Bengkulu yang kita terima, gempa ini cukup dirasakan warga disana. Namun, kondisi aman dan belum ada laporan tentang kerusakan maupun korban jiwa. Kita imbau warga untuk tetap wasapada degan potensi gempa-gempa susulan,” lanjut Akmal.
 

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024