10 Ribu Aparat Keamanan Diterjunkan Kawal Demo Setahun Jokowi-Ma'ruf

Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus
Sumber :
  • VIVAnews / Foe Peace

VIVA – Aksi sejumlah elemen dengan agenda memperingati satu tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada hari ini, Selasa 20 Oktober 2020 akan dikawal sebanyak 10 ribu lebih personel gabungan.

Demo Mahasiswa di Patung Kuda Ricuh, 2 Orang Diamankan Polisi

Personel gabungan ini terdiri atas unsur TNI-Polri dan pemerintah daerah. Selain itu, disiapkan sebanyak 10 ribu personel cadangan lainnya.

"Kami sudah siapkan pengamanan hari ini ada 10.587 personel. Kita cadangkan juga ada 10 ribu personel TNI-Polri yang kita cadangan dua titik di Monas dan satu di Gedung DPR, ini cadangan," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Selasa 20 Oktober 2020.

Polisi soal 48 Mahasiswa Ditangkap saat Demo Ricuh Tolak UU Ciptaker: Sulit Dapat SKCK

Baca juga: Strategi Polisi Agar Demo Setahun Jokowi-Ma'ruf Tak Berakhir Ricuh

Polda Metro Jaya juga mengantisipasi aksi kriminal yang mungkin terjadi di tengah aksi demonstrasi hari ini. Aparat pun akan melakukan penjagaan di titik-titik sentra ekonomi di Jakarta salah satunya kawasan Glodok. Penjagaan itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya aksi kerusuhan bahkan penjarahan. 

Dianggap Politis, Mahasiswa UB Tolak Gelar Doktor HC untuk Menteri BUMN

"Ada objek-objek lain selain Gedung DPR dan Istana, ada beberapa sentra-sentra perekonomian yang kita lakukan pengamanan, kita lapis di sana. Kemudian ada sentra-sentra perbelanjaan mal yang kita nilai rawan kita siapkan pengamanan di situ," katanya.

Hari ini, Selasa 20 Oktober 2020 tepat setahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin. Setelah pada 20 Oktober 2019 diambil sumpahnya di hadapan Sidang MPR untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. (art)

Demo ricuh BEM se-Indonesia di kawasan Patung Kuda mengkritisi putusan MK

Buntut Demo Ricuh Mahasiswa di Patung Kuda, 13 Orang Ditangkap

Sebanyak 13 pendemo ditangkap buntut demo mahasiswa yang ricuh di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha (Indosat), Gambir, Jakarta Pusat,

img_title
VIVA.co.id
20 Oktober 2023