Setahun Berkuasa, Jokowi Dapat Tamu Istimewa PM Jepang Yoshihide Suga

PM Jepang Yoshihide Suga beserta Ibu Mariko Suga di Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Jokowi bertemu Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga. Di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jokowi didampingi Ibu Negara, Irana, menyambut kedatangan Suga yang datang bersama rombongan delegasi, dan juga sang istri.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Baca Juga: Bareskrim Datangi Rumah Petinggi KAMI, Polri: Cuma Ngobrol-ngobrol

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA, Selasa 20 Oktober 2020, kunjungan kenegaraan Suga adalah pertama kalinya ke Indonesia sejak menggantikan Shinzo Abe, pada September lalu.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Memasuki Istana Kepresidenan Bogor, Suga mengenakan masker, begitupun Jokowi. Kedua Kepala Pemerintahan itu saling mengenalkan masing-masing kabinet mereka. Keduanya juga dijadwalkan menyampaikan keterangan pers bersama.

Diberitakan sebelumnya, kunjungan PM Suga untuk memperkuat hubungan ekonomi dan keamanan dengan dua negara sekutu terdekatnya di kawasan Asia Tenggara.

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Jokowi Ajak Semua Bersatu Bangun Bangsa dan Hadapi Geopolitik

Media lokal Jepang mengungkapkan sudah ada komunikasi dengan kedua pemerintahan. Dipastikan bahwa Suga akan bertemu Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc.

Dilansir dari SCMP, sebelumnya muncul beberapa prediksi yang menyebut Suga kemungkinan akan memilih untuk mengikuti jejak banyak pemimpin Jepang sebelumnya, yang memilih Amerika Serikat sebagai negara pertama yang dikunjungi pascapelantikan.

Namun, keputusan Suga memilih dua negara di Asia Tenggara ini dapat menggarisbawahi pentingnya Indonesia dan Vietnam dalam strategi regionalnya, juga menunjukkan keinginan untuk menjauhkan Jepang dari konflik politik jelang pemilu AS bulan depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya