Polisi Cecar Mayjen Purn Soenarko soal Kaitannya dengan KAMI

Mantan Danjen Kopassus Mayjen Purn Soenarko (tengah).
Mantan Danjen Kopassus Mayjen Purn Soenarko (tengah).
Sumber :
  • VIVA/Bayu Nugraha

VIVA –  Mantan Komandan Jenderal Kopassus, Mayjen (Purn) TNI Soenarko telah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka oleh penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri pada Selasa, 20 Oktober 2020. Dalam pemeriksaan, Soenarko dapat 28 pertanyaan dari penyidik.

Kuasa hukum Soenarko, Fery Firman mengatakan penyidik menanyakan perihal kasus yang dipersangkakan kepada kliennya terkait asal usul senjata termasuk orang yang mengirimnya. “Kenal atau tidak, apakah senjata yang dikirim itu sesuai,” kata Fery di Bareskrim Polri.

Fery menambahkan kliennya juga sempat diberi pertanyaan terkait di luar kasus yang dipersangkakannya. Pertanyaan itu terkait soal demo yang berakhir ricuh saat penolakan disahkannya Undang-undang Cipta Kerja.

“Penyidik sempat menanyakan soal keterkaitan KAMI. Pak Soenarko tidak ada kaitannya. Purnawirawan pembela kedaulatan negara,” ujarnya.

Baca Juga: Eks Danjen Kopassus Soenarko Diperiksa Bareskrim, Kasus Senjata Ilegal

Pun, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono menyampaikan ada 28 pertanyaan yang diajukan ke Soenarko.

Menurut dia, Soenarko selama menjalani pemeriksaan sangat kooperatif dan didampingi oleh pengacaranya Fery Firman Nurwahyu. Pemeriksaan dilakukan dari pukul 09.00 WIB sampai jam 18.30 WIB.