Innalillahi, Djahidin Meninggal Dunia di Banjarmasin

Djahidin, Tokoh Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Kalsel (antara)
Sumber :

VIVA – Tokoh Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Provinsi Kalimantan Selatan Djahidin meninggal dunia pada usia 74 tahun pada Selasa (20/10) pukul 21.15 WITA.

Keluarga Ungkap Penyebab Meninggalnya Sopyan Dado, Punya Riwayat Diabetes Hingga Sakit Jantung

Hasbullah, salah satu tokoh senior kesenian dan kebudayaan Kalsel di Banjarmasin, Rabu (21/10), mengatakan, almarhum wafat diduga karena mengalami serangan jantung saat di rumahnya di Sungai Jingah, Banjarmasin Utara dan dimakamkan di kampung halamannya tersebut, Rabu.

Sebagian seniman dan budayawan Kalsel mengiringi pemakaman tokoh LASQI Kalsel yang sudah melanglang buana secara nasional itu.

"Dia (Djahidin) masuk juri nasional pada kegiatan LASQI," ujar Hasbullah, saat ikut pemakaman almarhum.

Menurut dia, almarhum Djahidin sangat konsen di bidang kesenian qasidah tersebut, bahkan salah satu ahli dalam kesenian alat terbang kasidah di daerah ini.

"Keahliannya dalam kesenian qasidah tidak bisa diragukan lagi, bisa dikatakan tokohnya qasidah di Kalsel ini," ujar Hasbullah.

BACA JUGA: Kabar Hamzah Haz Meninggal, PPP: Alhamdulillah Masih Hidup

Profil Sopyan Dado Bintang Sinetron TOP yang Meninggal Dunia

Hasbullah yang merupakan tokoh kesenian teater tradisi Mamanda tersebut menyatakan sangat dekat dengan almarhum Djahidin, sebab pernah sepanggung.

"Jadi almarhum Djahidin juga seniman Mamanda, dia biasa memerankan karakter hadam atau peran pembantu, biasa dia tampil dengan ketekan (ketapel) besar," ucapnya.

Tidak hanya pernah tampil bersama di pentas nasional, kata Hasbullah, pernah tampil sepanggung di Serawak, Malaysia.

"Banyak kenangan dengan dia, orangnya baik dan humanis," katanya.

Mantan Kepala Taman Budaya Kalsel Akhmadi Sofyan atau Ennor Karli memaparkan juga bahwa Djahidin sangat banyak jasanya bagi kesenian daerah, tidak hanya qasidah dan Mamanda, tapi juga bagi musik Banjar.

"Almarhum Djahidin juga pernah mengarang lagu Banjar, dia seniman serba bisa juga," tuturnya.

Ennos Karli meminta semua seniman dan budayawan untuk mendoakan almarhum Djahidin husnul khatimah. (ant)
 

Arsip - Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) gabungan saat mengevakuasi korban tertimbun material longsor di Kampung Gintung, Desa Cicendo, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu, 27 Maaret 2024.

Jasad Nenek dan Cucu Korban Longsor di Bandung Barat Ditemukan Saling Berpelukan

Tim SAR kembali menemukan tiga jasad korban yang tertimbun longsor pada operasi pencarian hari keempat di Bandung Barat dan mendapati dua di antaranya saling berpelukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024