Mengenal Sung Yong Kim, Dubes Baru Amerika Serikat untuk Indonesia

Sung Yong Kim, Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia
Sumber :
  • Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo hari ini telah menerima Surat Kepercayaan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) dari beberapa negara. Salah satunya adalah Duta Besar baru Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Yong Kim.

Dubes AS untuk RI Kunjungi Lokasi Vaksinasi Pfizer, Apa Pesannya

"Amerika Serikat dan Indonesia memiliki hubungan yang kuat dan saya menantikan masa depan dengan lebih banyak lagi kemajuan. Saya berharap dapat bekerja demi kebaikan masyarakat Indonesia dan Amerika, dan mengenal negara yang indah ini," kata Dubes Kim usai pelantikan, seperti disampaikan lewat rilis Kedutaan Besar AS kepada VIVA.

Sung Kim dinominasikan sebagai Dubes AS untuk Indonesia pada 16 Oktober 2019 dan dikonfirmasi oleh semua anggota Senat pada 6 Agustus 2020. Dia menggantikan Joseph Donovan Jr. yang menjabat sebagai Dubes AS sejak tahun 2016 lalu.

China Ancam AS Jika Jadi Datangkan Dubes AS untuk PBB ke Taiwan

Baca juga: Jokowi Terima 7 Duta Besar Asing Baru, Dubes AS Curi Perhatian

Sebelumnya, Sung Kim menjabat sebagai Dubes AS untuk Filipina sejak November 2016 sampai Oktober 2020, dan Dubes AS untuk Korea Selatan pada tahun 2011 hingga 2014. Di antara waktu kedua posisi dubes tersebut, dia menjabat sebagai perwakilan khusus untuk Kebijakan Korea Utara di Washington D.C.

Temui Moeldoko, Dubes AS Yakinkan Peran RI di Laut China Selatan

Sung Kim adalah salah satu diplomat yang membantu dalam penyelenggaraan pertemuan bersejarah antara Presiden Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Singapura pada 2018 lalu.

Dubes Kim dilahirkan di Seoul, Korea Selatan dan besar di Los Angeles. Menyelesaikan S1 di University of Pennsylvania dan S2 dalam bidang hukum di Loyola University. Dia juga memiliki gelar Magister Hukum dari London School of Economics dan gelar doktor kehormatan dari Catholic University of Korea. 

Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia yang baru, Sung Yong Kim.

Menkominfo RI Bertemu Dubes AS, Pembahasan ITU dan Kerja Sama Digital

Dalam pertemuan selama kurang lebih satu jam itu, Johnny dan Sung membahas dukungan untuk kandidat Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2022