Kiai Gontor KH Abdullah Syukri Zarkasyi Meninggal Dunia

Pimpinan Pondok Modern Gontor KH Abdullah Syukri Zarkasyi (paling kiri)
Sumber :
  • Gontor.ac.id

VIVA – Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Kabar duka datang dari keluarga besar Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Salah satu kiainya, Dr KH Abdullah Syukri Zarkasyi MA berpulang ke Rahmatullah, Rabu petang, 21 Oktober 2020.

Adu Banteng Pick Up Dengan Dua Motor di Citayam, Seorang Meninggal Dunia

Kabar wafatnya Kiai Syukri ini disampaikan langsung Rektor Universitas Islam Darussalam (Unida) Gontor, yang juga adik almarhum, Prof Dr KH Amal Fathullah Zarkasyi MA. Kyai Syukri Zarkasyi wafat pukul 15.50 WIB.

"Mohon doanya semoga dosanya diampuni, dan amal ibadahnya diterima Allah SWT, dan semoga husnul khatimah," kata KH Amal Fathullah dikutip VIVA dari laman Gontor.ac.id.

Sempat Membaik Sebelum Meninggal, Kondisi Ibu Angger Dimas Drop Lagi Sejak Kematian Dante

KH Abdullah Syukri Zarkasyi lahir di Gontor pada tanggal 19 September 1942. Beliau adalah Putra pertama dari KH. Imam Zarkasyi salah seorang Trimurti Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor.

Abdullah Syukri menamatkan Sekolah Dasar di Desa Gontor pada tahun 1954. Setelah menamatkan Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor pada tahun 1960 melanjutkan studi di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta hingga mendapatkan gelar Sarjana Muda tahun 1965.

Tujuh Tewas Akibat Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel, 2 Korban Masih Anak-anak

Putra sulung dari KH Imam Zarkasyi itu selanjutnya meneruskan pendidikan S-1 dan S-2 di Al Azhar University Kairo, Mesir. Kyai Syukri menerima gelar Doctor Honoris Causa pada 2005 dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sejumlah jabatan di luar pondok pernah dijabat Kyai Syukri, di antaranya Ketua Majlis Ulama Indonesia Kabupaten Ponorogo; Ketua Badan Silaturrahmi Pondok Pesantren Jawa Timur (1999 – sekarang); Ketua Forum Silaturrahmi Umat Islam Ponorogo (1999 – sekarang); Ketua MP3A Depag (Majlis Pertimbangan Pendidikan dan Pengajaran Agama (1999 – sekarang) dan Dewan Penasehat MUI Pusat. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya