ICW Curiga KPK Tak Ingin Tangkap Harun Masiku

Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana
Sumber :
  • Antarafoto/Kurnia Ramadhana

VIVA – Indonesia Corruption Watch (ICW) yakin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di bawah komando Firli Bahuri Cs bukan tidak mampu meringkus buronan Harun Masiku. Namun ICW menilai KPK tidak mau menangkap politikus PDIP itu sejak awal. 

Sekjen PDIP Bilang Harun Masiku Hanya Korban di Kasus Korupsi PAW, KPK Bilang Begini

“Sejak awal ICW sudah memiliki keyakinan bahwa KPK bukan tidak mampu untuk meringkus mantan calon legislatif asal PDIP, Harun Masiku, akan tetapi memang tidak mau,” kata Peneliti ICW Kurnia Ramadhana kepada awak media, Jumat 23 Oktober 2020. 

Baca juga: Debat Panas, Rocky Gerung Vs Tenaga Ahli KSP soal Vaksin Asal China

Sekjen PDIP: Harun Masiku Hanya Korban, Dia Tergoda Oknum KPU

Menurut Kurnia, rekam jejak dan reputasi KPK selama ini sejatinya dikenal baik dalam mencari buronan kasus korupsi. Namun pada periode di bawah kepemimpinan Firli Bahuri, tekan Kurnia, performa penindakan KPK justru terlihat sangat menurun drastis.

“ICW juga turut mengusulkan agar Tim Satuan Tugas yang sebelumnya dibentuk untuk mencari Harun Masiku lebih baik dibubarkan saja. Sebab, sampai saat ini efektivitas dari tim tersebut tidak kunjung terlihat,” ujarnya. 

Hakim Tolak Gugatan Praperadilan MAKI yang Minta Harun Masiku Disidang In Absentia

Tak hanya itu, Kurnia menilai, seharusnya pimpinan KPK mengevaluasi kinerja Deputi Penindakan. Sebab lanjut Kurnia, Deputi Penindakan adalah pihak yang seharusnya paling bertanggung jawab atas buruknya performa Tim Satuan Tugas Pencarian Harun Masiku.

“Dewan Pengawas juga diharapkan dapat bertindak untuk turut menyikapi polemik ketidakjelasan kinerja KPK dalam menangkap Harun Masiku. Misalnya dengan memanggil Ketua KPK dan Deputi Penindakan untuk dimintai keterangan terkait kendala-kendala apa saja yang dihadapi untuk dapat menemukan dan menangkap Harun Masiku,” imbuhnya. 

Harun Masiku, yang terjerat kasus suap pengurusan pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR, masih buron. Harun masuk daftar pencarian orang sejak awal 2020. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya