Peringati Hari Santri, Nadiem: Jadilah Santri yang Ingat Akar Budaya

Mendikbud Nadiem Makarim
Sumber :

VIVA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim turut memberikan ucapan saat peringatan Hari Santri Nasional yang diperingati 22 Oktober 2020. 

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

Baca Juga: Kepala BKPM: Realisasi Investasi Mulai Pulih, Tumbuh 1,6 Persen

"Saya mengucapkan selamat Hari Santri Nasional," ujar Nadiem Makarim dikutip dari video yang dibagikan oleh Kemendikbud di Jakarta, Jumat, 23 Oktober 2020. 

Langkah PBNU Persiapkan Santri Sukses Masuk PTN Favorit

Nadiem pun berharap pada semua santri di pelosok negeri ini yang sedang menimba ilmu semoga bermanfaat untuk masyarakat secara luas. 

"Semoga adik-adik santri yang sedang menimba ilmu selalu menjadi kebanggaan orangtua, bangsa, dan agama. Semoga kita dapat selalu bergerak bersama untuk mencapai Indonesia maju," katanya. 

Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang

Maka, ia berharap kepada para santri di Tanah Air agar tidak lupa terhadap akar budaya bangsa Indonesia, dan semoga ke depannya dapat melanjutkan estafet keilmuan yang lebih baik. 

"Jadilah santri yang selalu ingat akar budaya. Ingat tradisi keilmuan dan ingat untuk meneruskan ikhtiar para pendahulunya," tuturnya. 

Peringatan Hari Santri tahun ini jatuh pada 22 Oktober, mengacu pada Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri. Tanggal ini diambil dari peristiwa tercetusnya “resolusi jihad” dari Pesantren Tebu Ireng, Jombang pada 22 Oktober 1945.

Resolusi Jihad berisi fatwa perlawanan melawan penjajah Belanda demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi inilah yang memicu peristiwa konfrontasi heroik tanggal 10 November 1945 yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya