Brimob yang Ketahuan Jual Beli Senjata Akhirnya Ditahan

Kapolda Papua Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw, di Papua.
Sumber :
  • VIVAnews/ Aman Hasibuan (Papua)

VIVA – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengakui anggota Brimob, yakni Bripka JH yang diduga terlibat jual beli senjata api sudah ditahan.

TNI dan Polri Minta Maaf kepada Masyarakat atas Bentrok Prajurit AL dan Brimob di Sorong

"Yang bersangkutan ditahan di Mako Brimob Polda Papua di Kotaraja setelah ditangkap di Nabire, Kamis (21/10)," kata Irjen Pol Waterpauw menjawab pertanyaan Antara di Jayapura, Jumat, 23 Oktober 2020.

Baca juga: Polisi: 8 Orang Jadi Tersangka Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung

TNI AL dan Brimob Bentrok di Pelabuhan Sorong, Begini Endingnya

Dia mengatakan, selain JH ada dua warga sipil yang diamankan, salah satunya mantan anggota TNI yang diamankan di salah satu kota di Sulawesi Selatan.

Bripka JH ditangkap di Nabire bersama dua pucuk senjata jenis senjata serbu yakni M 16 dan M4 itu yang diduga akan dijual ke kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Penjelasan Kadispenal soal Anggota TNI AL Bentrok Dengan Brimob di Pelabuhan Sorong

Terungkapnya kasus itu setelah tim gabungan TNI-Polri melakukan penyelidikan terkait maraknya aksi penembakan yang dilakukan KKB di beberapa lokasi di Papua.

"Kami sempat kesulitan mengungkapnya karena cukup rapi dan senpi yang dijual dipasok melalui udara dengan dokumen resmi," jelas Waterpauw.

Dia menambahkan, dari pengakuan warga yang menjadi perantara, kegiatan jual beli senpi sudah dilakukan enam kali. Pengungkapan kasus tersebut sudah dilaporkan ke Kapolri dan dia berharap penyelidikan dapat dilakukan lebih mendalam sehingga dapat terungkap secara menyeluruh.

Kasus tersebut selain mencoreng institusi juga sangat disayangkan karena bila berada di tangan KKB, selain warga sipil yang menjadi korban, juga aparat keamanan yang juga kawannya sendiri.

Ketika ditanya senpi tersebut dijual ke mana, Kapolda Papua mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara senpi tersebut dijual kepada KKB yang beroperasi di Intan Jaya.

"Penyelidikan masih berlangsung nanti kalau sudah lengkap akan disampaikan, " kata Kapolda Papua Irjen Pol Waterpauw. (ant/ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya