Pandemi COVID-19, Ridwan Kamil: Beli di Toko Klontong, Shoping di UMKM

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman.

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menekankan warga kelompok menengah atas untuk berperan aktif memulihkan perekonomian dampak pandemi virus corona atau COVID-19.

Sekda Depok Maju Pilkada, Minta Dukungan Ridwan Kamil

Caranya, Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengimbau untuk mereka yang kelompok ekonomi atas menengah, dengan membeli produk dagangan di warung menengah bawah dan UMKM">UMKM">UMKM.

Menurutnya, kondisi keuangan menengah atas di perbankan memiliki grafik tabungan yang memberatkan bank karena harus membayar bunga. Sedangkan di kelas menengah bawah, berada dalam kondisi sulit akibat pandemi.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Oleh knarena itu kelompok menengah atas saya imbau untuk rajin belanja ke warung, membeli baju di UMKM, segala rupa dibelanjakan," ujar Ridwan Kamil, Selasa, 27 Oktober 2020.

Ridwan Kamil menegaskan, kondisi ekonomi menengah bawah akibat pandemi memerlukan bantuan meski distimulus oleh bantuan sosial dan tunai.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Ini tidak mempromosikan pemborosan, ini adalah menolong UMKM yang hampir mati dan mau tutup dan mau PHK, supaya tidak terjadi krisis berkepanjangan, yang menengah atas silahkan (belanja ke warung)," ujarnya.

Dalam situasi yang belum normal sekarang, kata dia, memang harus menyesuaikan. Saat nanti kondisi kembali normal, bisa diseimbangkan lagi.

"Nanti sudah normal lagi maka diseimbangkan lagi gaya hidupnya. Saya himbau agar kelas menengah atas rajin belanja, sekarang itu indeks tabungannya terlalu tinggi, kenapa perdagangan ini menurun? Karena menengah bawah tidak mampu membeli," ujar Ridwan Kamil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya