Libur Panjang, Jabar Siaga 1 COVID-19

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman.

VIVA - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memutuskan siaga satu antisipasi penularan virus corona atau COVID-19 pada libur panjang cuti bersama. Rapid test dan swab test massal secara acak diberlakukan kepada wisatawan untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

Sidak Layanan Kesehatan Usai Libur Lebaran, Pj Wali Kota Tangerang Minta Jam Operasional Ditambah

Menurutnya, siaga satu diberlakukan mulai hari ini dengan mengerahkan tim gabungan untuk mengawal penerapan protokol kesehatan COVID-19 di lalu lintas hingga lokasi wisata.

"Libur panjang kita siaga satu, sudah mulai bergerak ke lapangan untuk mengamankan titik-titik jalan tol dipusatkan di Cikopo, kemudian akan ada penambahan di wisata," ujar Ridwan Kamil, Selasa, 27 Oktober 2020.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Baca juga: PSBB di Depok Diperpanjang Hingga 25 November

Untuk memperkuat langkah tersebut, Ridwan Kamil mengeluarkan surat edaran nomor 850/172/Hukham sebagai arahan pencegahan penularan COVID-19 pada libur cuti bersama.

Hari Kedua Pasca-Libur Lebaran, Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Kelima di Dunia

"Dan yang beda, mohon maaf, wisatawan akan mendapati test swab dan rapid secara acak. Jadi jangan kaget, lagi naik mobil, motor, akan diberhentikan dengan baik untuk di-random sampling," katanya.

Ridwan Kamil juga mengimbau semua elemen pengelola wisata mulai dari pedagang aktif menerapkan dan mengingatkan wisatawan untuk disiplin protokol kesehatan.

"Kita berdoa dengan konsep ini tidak ada yang positif, kalau ada menjadi pola yang harus disempurnakan," katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya