Satgas COVID-19: Aktivitas di Rumah Paling Aman Selama Long Weekend

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Imbauan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan selama liburan panjang atau long weekend yang dimulai Rabu besok, 28 Oktober 2020, terus dilakukan pemerintah. Salah satunya dengan menyampaikan saran agar sebaiknya masyarakat mengurangi mobilitas selama long weekend.

Lebaran Tinggal Menghitung Hari, Intip 4 Jenis Sheet Mask yang Bikin Wajah Glowing

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, saat ini tempat yang paling aman adalah di rumah. Terlebih selama bekerja, jarang sekali ada waktu kumpul bersama keluarga di rumah.

"Maka, sekarang kesempatan untuk berada di rumah karena mungkin ada pekerjaan rumah dan perlu diselesaikan. Dan aktivitas di rumah itu adalah yang paling aman dalam masa pandemi ini," kata Wiku dalam diskusi Satgas Penanganan COVID-19 bertema 'Liburan Aman, Nyaman Tanpa Kerumunan', pada Selasa 27 Oktober 2020.

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

Baca Juga: Doni Monardo Sebut Banyak Pasien di RS Wisma Atlet Tertular di Rumah

Dia menjelaskan aktivitas di rumah jadi salah satu yang paling aman selama pandemi. Sebab, di rumah tak ada orang lain dan biasanya hanya diisi keluarga inti yang diketahui kondisi kesehatannya.

5 Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Dipencet, Rajin Pakai Scrub

Namun, jika memang urusan mendesak di luar rumah, maka harus memerhatikan kesehatan. Ia mengingatkan agar jangan berpergian saat daya tahan tubuh sedang tidak dalam kondisi yang fit.

"Bisa juga untuk masyarakat yang ingin berpergian kita harus pastikan berpergian dalam kondisi sehat dan memang betul-betul perlu untuk berpergian. Dan, apabila tidak baiknya di rumah saja karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan di rumah," ujar Wiku.

Wiku juga mengingatkan agar masyarakat selalu waspada dan belajar dari peristiwa sebelumnya. Maksud dia, saat libur panjang Idul Fitri, dan hari kemerdekaan terjadi lonjakan kasus yang begitu banyak. Diharapkan hal itu tidak terjadi dalam libur panjang kali ini.

Pun, ia menambahkan jika dalam kondisi berpergian, agar masyarakat menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. 

Selain itu, diharapkan masyarakat juga melakukan pemeriksaan saat berpergian untuk liburan. Begitupun selama liburan dan saat akan kembali dari libur panjang dari lokasi lain.

"Dalam kondisi pandemi dan kalau berpergian pastikan dalam kondisi sehat dan salah satu caranya melakukan skrining, karena bisa saja kita berpergian ke tempat jauh mengunjungi suatu tempat kalau kita tidak sehat, kita berpotensi menularkan pada orang lain," kata Wiku

Di tengah pandemi yang belum berakhir, penting menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. (ren)

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya