Wakapolri Prediksi Puncak Arus Mudik Libur Panjang Selasa Malam Nanti

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono bersama Kakorlantas Polri Irjen Istiono
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mendampingi Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono bersama Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto memantau kondisi dan pengamanan arus lalulintas libur panjang Hari Besar Maulid Nabi Muhammad SAW.

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Rombongan tiba di Pospol Cikopo, Purwakarta melalui jalur udara bersama jajaran pejabat utama Mabes Polri

Wakapolri dalam paparannya mengatakan pemantauan kali ini melihat kesiapan dari jajaran Polda Jabar dalam mengantisipasi terjadinya kemacetan, fatalitas lakalantas dan meminimalisir gangguan keamanan. 

Bea Cukai dan Bareskrim Polri Jalin Sinergi Gagalkan Peredaran Narkotika di Tangerang dan Aceh

"Selain itu yang terpenting meminimalisir dan mengantisipasi terjadinya kluster-kluster baru penyebaran COVID-19." kata Wakapolri, Selasa, 27 Oktober 2020.

Baca juga: Libur Panjang, Jabar Siaga 1 COVID-19

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Hingga saat ini lanjut Wakapolri, pihaknya telah menggelar Operasi Yustisi dan Operasi Zebra bersama-sama TNI dan instansi lainnya mulai tanggal 26 Oktober 2020. Dalam pelaksanaannya, Polri mengedepankan langkah-langkah persuasif dan humanis.

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk liburan di rumah, terapkan SOP protokol kesehatan, tujuannya agar masyarakat libur sehat dan nyaman,” katanya.

Terkait lonjakan lalulintas, sudah disiapkan dan diantisipasi oleh Ditlantas Polda Jabar, salah satunya menutup rest area sekitar KM 50 tol Cikampek, contraflow dan melarang kendaraan sumbu 3 masuk tol mulai tadi malam.

"Sepanjang pantauan saat ini masih belum signifikan adanya lonjakan lalulintas, kemungkinan sore atau malam nanti,” ujarnya.

Sementara itu, usai mendampingi rombongan Kakorlantas melalui jalur darat melanjutkan pantauan lalulintas hingga menuju ke Jawa Tengah. "Ya, ini lanjut pantauan ke Brebes,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Istiono. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya