Rumah Jadi Lebih Segar Jika Ada 7 Tanaman Ini

Ilustrasi tanaman.
Sumber :

VIVA – Sejak pandemi corona berlangsung, orang-orang berbondong-bondong menggeluti hobi dan aktivitas baru.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Ada yang bersepeda, main musik, bikin cemilan, ikut kelas zoom, sampai membeli dan merawat tanaman-tanaman hias. Semua dilakukan demi  untuk mengisi waktu luang yang mereka miliki saat masa pandemi ini.

Namun, jangan terpaku dengan tanaman yang sedang naik daun seperti Janda Bolong saja yang Anda rawat dan pelihara.

Indonesia Diminta Hati-hati saat Idul Fitri

Banyak tanaman yang memiliki kelebihan untuk membersihkan udara agar ruangan Anda bisa menjadi lebih segar. Selain bisa membersihkan udara, tanaman ini juga memiliki bentuk yang cantik, sehingga indah bila ditaruh di ruangan. Jadi, double manfaatnya bukan?

Tanaman pembersih udara ini juga banyak tersedia di e-commerce dengan banyak opsi pembayaran, salah satunya paylater menggunakan aplikasi pinjaman uang online seperti Kredivo yang memiliki bunga rendah 2,6% dan tenor mulai dari 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan.

Shopee Big Ramadan Sale Catatkan Peningkatan Transaksi Hingga 44 Kali di Shopee Live Saat Sahur

Tanpa banyak basa-basi lagi, mari simak 7 tanaman pembersih udara yang efektif mengubah udara rumah menjadi segar:

1. Sansiviera


Sansiviera atau dikenal sebagai tanaman lidah mertua ini memang sudah terkenal sejak dulu sebagai tanaman yang mampu membersihkan udara. Walaupun Sansiviera ini termasuk dalam golongan tanaman kaktus yang memiliki duri, tetapi tanaman ini tidak berbahaya, karena duri yang dimiliki hanya pada bagian ujung daun saja.

Merawat tanaman ini juga tidak ribet, Anda hanya perlu menyiram dan menjemurnya 1-2 kali dalam seminggu. Tanaman ini juga bisa ditanam di tanah asalkan tidak terlalu lembab. Lalu, gunakan pupuk slow release agar tanaman ini tetap tumbuh dengan subur.

2. Lidah Buaya

Sebagaimana kita tahu, kandungan aloe vera pada lidah buaya memang banyak manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Namun, lidah buaya juga bisa menjadi tanaman untuk pembersih udara.

Namun, memelihara lidah buaya butuh perhatian yang lebih, sebab tanaman ini membutuhkan asupan matahari yang cukup banyak. Idealnya, lidah buaya harus mendapatkan sinar matahari selama 8 hingga 10 jam dalam sehari.

Oleh karena itu, lidah buaya cocok ditempatkan di pekarangan rumah atau di dalam ruangan yang mendapatkan sinar matahari yang cukup. Namun, jauhkan tanaman ini dari jendela di malam hari jika cuaca dingin. Cuaca dingin dapat membuat lidah buaya mati.

3. Bunga Krisan

Bunga krisan juga masuk ke dalam tanaman cantik yang mampu membersihkan udara. Krisan cocok diletakkan di sudut dapur bersih atau area luar rumah. Zat amonia yang biasa tercampur di udara rumah yang memiliki banyak barang berbahan plastic bisa diserap oleh bunga cantik ini.

Bunga cantik ini sangat rentan terkena sinar matahari. Jika Anda terlalu lama terpapar, maka bunga ini bisa terpanggang dan mudah layu. Oleh karenanya, cukup 3-4 jam saja sinari bunga ini dengan sinar matahari, dan siram bunga ini pada bagian batangnya saja 1 kali sehari pada pagi hari.

4. Suplir

Untuk tanaman yang satu ini, akan sangat cocok diletakkan di ruangan ruang Anda yang terkena paparan sinar matahari meskipun sedikit. Sebab, tanaman suplir menyukai suasana atau iklim yang lembab, sehingga Anda wajib hukumnya untuk menjaga agar kelembaban di wadah tanam tetap terjaga agar tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik dan juga tetap sehat.

5. Spider Plant

Seperti namanya, tanaman ini mirip seperti kaki laba-laba yang panjang, tetapi tidak mengerikan. Bahkan memiliki lekukan yang indah dan sedap dipandang oleh mata. Selain itu, tanaman hias ini juga mampu menyerap karbon monoksida yang berbahaya jika dihirup manusia dan binatang.

Tanaman ini hanya memerlukan cahaya matahari dengan suhu sekitar 18 hingga 23 derajat celcius dan sedangkan pada siang hari tanaman ini memerlukan suhu sekitar 10 hingga 12 derajat celcius. Dan hanya perlu disemprot sedikit air di pagi hari.

6. Rubber Plant

Rubber plant atau Ficus elastica adalah tanaman hias asal India yang kini sudah banyak dijual di Indonesia. Tanaman ini cocok untuk diletakkan di pojok ruangan karena dapat menghilangkan karbon monoksida, formaldehida, trikloroetilen dan banyak bahan kimia lainnya.

Tanaman yang mampu membersihkan udara ini cukup mudah dirawat, karena hanya perlu disiram saat musim kemarau saja. Namun, bukan berarti Anda tidak memperhatikan tanaman ini ketika musim hujan ya. Sebab, jika tanah pada tanaman ini mulai kering, lakukan penyiraman secukupnya.

7. Anggrek

Meskipun terkenal sebagai tanaman yang sulit dirawat, nyatanya memelihara anggrek tidak sesulit yang dibayangkan. Kunci untuk merawat tanaman ini adalah dengan memberi sejumlah air dan matahari yang mereka butuhkan.

Anggrek juga rentan dengan sinar matahari, oleh karenanya paparan sinar matahari pagi cukup untuk tanaman ini, dan hindari paparan sinar matahari siang secara langsung.

Untuk penyiraman, siram bunga anggrek di pagi hari, mulai dari 7 sampai 9 pagi, serta di sore hari, mulai dari jam 3 sampai 5 sore.

Jika Anda meletakkan tanaman ini di rumah, anggrek dapat membantu menghilangkan xylene atau kontaminan udara yang ditemukan pada cat dinding dan furnitur.

Beli Tanaman Via Online Banyak Untungnya!

Nah, Anda sekarang sudah tahu 7 tanaman yang wajib Anda miliki jika ingin membuat udara rumah Anda menjadi lebih bersih dan segar.

Di tengah pandemi seperti sekarang, disarankan untuk membeli tanaman melalui online di toko yang sudah dipercaya sebab banyak untungnya!

Di akhir tahun seperti sekarang pasti banyak sekali promo pada 11.11 dan 12.12. Jika Anda memanfaatkan momen promo ini, pasti Anda akan mendapatkan potongan harga terbaik.

Selain itu, jika Anda membeli tanaman melalui aplikasi pinjaman online dari Kredivo, Anda bisa mendapatkan untung berlipat ganda, sebab ada promo nabok duit dari Kredivo!

Jika Anda belanja pakai cicilan 3/6/12 bulan dari Kredivo, nomor ID transaksi Anda nanti akan diundi dan setiap bulan ada satu orang yang beruntung dapat uang tunai dengan total Rp150 juta! Untung bangetkan belanja pakai aplikasi pinjaman online Kredivo?

Selain itu, membeli tanaman secara online pun harus memperhatikan keadaan tanaman. Agar Anda mendapatkan tanaman yang masih segar, maka hindari untuk membelinya dari luar kota dan membeli tanaman hias menggunakan jasa kurir instan.

Jika penjual di luar kota Anda menawarkan harga yang lebih murah, lebih baik membeli bibit, pupuk dan peralatan tanaman lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya