Otto Hasibuan Umumkan Pengurus Baru Peradi

Ketua Umum Peradi Otto Hasibuan (dua dari kiri)
Sumber :
  • DPN Peradi

VIVA – Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) di bawah kepemimpinan Otto Hasibuan telah menunjuk sejumlah nama untuk menjabat pucuk pimpinan di kepengurusan pusat. Jabatan tersebut antara lain Ketua Harian, Sekretaris Jenderal, Bendahara Umum dan Direktur Eksekutif.

Sekjen PDIP Koreksi Otto Hasibuan soal Permohonan Megawati sebagai Amicus Curiae di MK

"Saya baru ini mengumumkan penunjukan sekjen, bendahara umum, ketua harian dan direktur eksekutif, karena ini yang paling utama agar PERADI bisa berjalan," kata Otto, dalam keterangannya, Rabu, 28 Oktober 2020.

Otto menambahkan, nama-nama untuk kepengurusan lengkap rencananya akan diumumkan rentang waktu satu hingga dua pekan ke depan. Ia yakin, nama-nama yang terpilih dalam kepengurusan DPN Peradi ini merupakan nama-nama terbaik dari para anggota yang juga memiliki kredibilitas.

Otto Hasibuan soal MK Panggil 4 Menteri Jokowi: Kami Fine-fine Saja

"Terus terang saja, saya jadi sulit milih mana yang terbaik di antara yang terbaik ini. Oleh karena itu dengan segala kelebihan dan kekurangannya, saya menunjuk nama-nama tersebut untuk duduk dalam jabatan tersebut," tutur Otto.

Otto menambahkan, alasan dirinya menunjuk sejumlah nama tersebut lantaran pengalaman dan kecintaan mereka kepada Peradi yang tak diragukan lagi. Selain itu, kata Otto, kesungguhan mereka untuk mengorbankan waktu dan pikiran dalam mengembangkan organisasi menjadi lebih baik seperti sekarang ini juga menjadi alasan penunjukan.

Dalil Bansos untuk Menangkan Prabowo-Gibran Diyakini Tak Akan Terbukti, Kata Otto Hasibuan

Sedangkan untuk kepengurusan lengkap, lanjut Otto, dirinya diberikan waktu 60 hari untuk menyusun nama-nama yang akan menjabat. Namun, ia memastikan, deadline dari Musyawarah Nasional (Munas) tidak akan lewat dari tenggat waktu. "Saya usahakan tidak habis 60 hari saya sudah umumkan kemudian akan ada pelantikan, karena banyak pekerjaan Peradi yang harus dijalankan," tegasnya.

Menurut Otto, ke depan, tantangan organisasi tidaklah mudah. Salah satunya dengan mempertahankan single BAR yang selama ini selalu diperjuangkan oleh DPN Peradi. Di sisi lain, kata dia, organisasi juga akan memperjuangkan peningkatan kualitas advokat serta meningkatkan martabat dan marwah dari profesi yang terhormat ini.

Program lain yang akan disasar kepengurusan DPN Peradi di bawah kepemimpinannya juga berkaitan dengan menyetarakan advokat dengan profesi penegak hukum lain. Ia berharap, seluruh program dan rencana ini dapat terwujud di organisasi di bawah kepemimpinan dirinya.

"Zaman 10 tahun yang lalu terus terang saja Peradi dihormati sebagai pilar penegak hukum setara dengan jaksa, hakim dan polisi. Di luar negeri juga seperti itu. Tapi semua itu hilang ketika 5 tahun terakhir ini. Dan mudah-mudahan di masa ini saya berharap kepada teman-teman semua itu dapat dikembalikan," tuturnya.

Diketahui, hasil Munas ke-III DPN Peradi pada 7 Oktober 2020 lalu memutuskan bahwa Otto Hasibuan terpilih sebagai Ketua Umum DPN Peradi dengan perolehan hasil suara 1.027 dari 135 DPC yang hadir. 

Dalam Munas yang diselenggarakan secara video conference tersebut Otto berhasil menggungguli kandidat calon ketua umum lainnya yaitu, Ricardo Simanjuntak yang memperoleh 36 suara, dan Charles N. Silalahi yang memperoleh 58 suara dari total suara sebanyak 1.153 peserta yang hadir sebagai utusan dari seluruh DPC Peradi di seluruh Indonesia.

Berikut empat nama pengurus pusat DPN Peradi:

Ketua Harian: R. Dwiyanto Prihartono, SH.MH
Sekretariat Jenderal: Hermansyah Duliaimi, SH.MH
Bendahara Umum: Dr. Nyana Wangsa, SH.MH
Direktur Executive:  Bhisnoko Nugroho, SH

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya