PPP: Pesawat Pribadi yang Digunakan Plt Ketum dari Pinjaman

Kantor DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Menteng, Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan yang juga Wakil Ketua SC Muktamar PPP ke-9, Syaifullah Tamliha, menanggapi adanya berita dan atau foto tentang kegiatan konsolidasi internal partai Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa ke berbagai daerah.

Bank Dunia Mengubah Batas Garis Kemiskinan pada Tahun 2022

Syaifullah menyatakan bahwa penggunaan pesawat pribadi tersebut sepengetahuan pengurus tidak dalam bentuk carteran, tidak menggunakan dana partai, fraksi dan atau Kementerian PPN/Bappenas.

"Konsolidasi partai dirasakan mendesak yang tidak hanya menjelang muktamar PPP ke-9, melainkan juga konsolidasi pemenangan Pilkada dalam rangka memenangkan calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah yang diusung oleh PPP pada 270 Pilkada serentak insya Allah tanggal 9 Desember 2020 yang hanya efektif dilakukan sekitar satu bulan," kata Syaifullah, melalui keterangan persnya, Kamis, 29 Oktober 2020.

Kemiskinan Ekstrem Musuh Bersama Bangsa Indonesia

Dia menuturkan padatnya kegiatan Suharso Monoarfa dalam konsolidasi tersebut dan terbatasnya fasilitas yang dimiliki partai menyebabkan kawan-kawannya merasa perlu memberikan pinjaman pesawat pribadi agar mobilitas Plt Ketum PPP tersebut dapat maksimal melaksanakan tugas-tugas partai.

"Pemberian pinjaman pesawat pribadi tersebut tidak ada kaitannya dengan jabatan kementerian yang dijabat oleh Bapak Suharso Monoarfa," ujarnya.

Hadapi Pemilu 2024, PPP Dapat Tambahan Energi Baru

Syaifullah juga menambahkan bahwa berdasarkan SK Menteri Hukum dan HAM Nomor : M.HH-10.AH.11.01 tanggal 5 November 2018 tentang Pengesahan Perubahan Susunan Kepengurusan DPP PPP masa jabatan 2016-2021 tidak terdapat nama Nizar Dahlan sebagai Anggota Dewan Pakar DPP PPP.

Sebelumnya diberitakan, PPP akan menggelar muktamar dalam waktu dekat ini. Sejumlah kandidat pun mulai bergerak mencari dukungan ke daerah-daerah.

Tidak terkecuali Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa. Belum lama ini, Suharso mengunjungi Sumatera Utara dan Nangroe Aceh Darussalam menggunakan private jet.

Anggota Majelis Pakar PPP, Nizar Dahlan, menuturkan kunjungan Suharso ke Medan dan Aceh menggunakan jet pribadi. Foto Suharso dan DPP turun dari pesawat pribadi itu beredar di grup whatsapp.

Baca juga: Konsolidasi Pakai Jet Pribadi, Suharso Monoarfa Jadi Sorotan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya