Partai Golkar Bangun Institut Baru Lalu Siapkan Yellow Clinic PCR

Ketua Umum Partai Golkar, yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Dok. Golkar

VIVA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan bahwa dalam waktu tak lama lagi, Partai Golkar akan segera meluncurkan Golkar Institute. Institut bentukan partainya yakni semacam lembaga pendidikan kebijakan publik bagi para kader partai berlambang pohon beringin tersebut.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Airlangga: Tertinggi Sejak 2015

Rencana peluncuran Golkar Institute itu diutarakan Airlangga saat membuka Musyawarah Besar (Mubes) IX Ormas Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR).

"Dalam waktu singkat, kita akan meluncurkan Golkar Institute yang akan diketuai oleh Pak Ace Hasan Syadzily," kata Airlangga di kawasan Kuningan Jakarta Selatan, Jumat 30 Oktober 2020.

Minister Brings Significant Issue as Indonesian Representative in OECD

Airlangga menjelaskan Golkar Institute nantinya akan membuat kegiatan di tiga bidang utama, yakni pertama adalah di bidang kepemimpinan. "Karena kita semua adalah pemimpin partai politik," ujarnya.

Kemudian yang kedua adalah di bidang politik pemerintahan. Hal itu dirasa perlu sebagai bekal bagi para kader Partai Golkar agar mampu bergerak di tataran legislatif atau eksekutif.

Wakili Indonesia di OECD, Menko Airlangga Bahas Tiga Isu Penting Ini

"Dan bidang yang satu lagi adalah public policy atau kebijakan ekonomi makro," kata Airlangga.

Selain ketiga bidang tersebut, Airlangga juga menekankan pentingnya pemahaman di bidang public communications dan stakeholder management.

"Nah ini yang diminta kepada seluruh kader ormas MKGR, untuk melakukan penggalangan stakeholder. Karena stakeholder ini adalah kunci untuk kebijakan publik," ujar Menko Perekonomian itu lagi

Setelah peluncurannya nanti, Airlangga berharap Golkar Institute bisa dikembangkan menjadi institut milik partai politik. Institut akan jadi wadah yang mendorong pendidikan kebijakan publik dan pemerintahan pertama di Indonesia, pertama di ASEAN dan bahkan kata dia, pertama di dunia.

"Di mana ada partai politik yang punya sekolah publik, yang bergerak di bidang tata kelola pemerintahan," ujarnya soal Golkar Institute.

Selain itu Partai Golkar juga akan meluncurkan layanan Yellow Clinic sebagai layanan kesehatan publik. Hal ini sebagai bagian dari kontribusi di masa pandemi COVID-19.

"Untuk melakukan pelayanan publik di era pandemi COVID-19, Golkar akan meluncurkan Yellow Clinic, sebagai klinik untuk kesehatan masyarakat," kata Airlangga lagi.

Airlangga bahkan menjanjikan bahwa Yellow Clinic itu juga akan memberikan pelayanan PCR test bagi masyarakat, dengan harga yang lebih rendah daripada layanan serupa pada umumnya.

"PCR test di Yellow Clinic harganya di bawah harga patokan Rp900.000. Jadi kita sedang dorong PCR test di Yellow Clinic itu Rp800.000," lanjut Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya