Tantangan dan Peran Humas Polri di Era Digitalisasi

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Divisi Humas Polri terus berbenah. Humas Polri tak lagi hanya sekedar melakukan kegiatan public relation atau Purel tapi jauh dari pada itu bagaimana menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang handal seiring perkembangan teknologi. Di samping itu, bagaimana mengelola media sosial dan media mainstream sehingga dapat mewujudkan Kamtibmas kondusif dan masyarakat semakin produktif.

Kakorlantas Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas untuk KTT WWF 2024 di Bali

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono menjelaskan, di era sekarang ini, Humas Polri harus bisa menghadapi revolusi industri 4.0. Mulai SDM, sarana dan prasarana. Hal ini sesuai dengan 7 program prioritas Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yakni pemantapan media.

“Sebagai garda terdepan dalam penyampaian informasi, kami terus berbenah, menyiapkan SDM yang handal termasuk sarana dan prasana," kata Argo dalam keteranganya dalam HUT Humas Polri ke-69, Jumat, 30 Oktober 2020.

Humas Polri, sambung Argo juga dituntut cepat dalam memberikan informasi yang akurat, terpercaya dan transparan kepada masyarakat. “Tantangan Humas sekarang berat sekali. Kita lambat sedikit saja bisa jadi masalah dan data tidak akurat juga bisa jadi masalah," ungkap jenderal bintang dua itu.

Argo menambahkan, di era digitalisasi ini, Humas Polri terus bekerja keras memberikan edukasi kepada masyarakat dengan meluruskan setiap informasi berkembang di sosial media yang menyesatkan alias hoax. Hal ini dilakukan agar situasi keamanan masyarakat terpelihara dengan baik dan kondusif.

9 Calon Anggota Pansel Capim KPK, 5 dari Unsur Pemerintah dan 4 Masyarakat

"Humas Polri berkomitmen kuat kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar, sehingga kamtibmas kondusif dan masyarakat semakin produktif," kata mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini.

Rencananya, perayaan puncak HUT Humas Polri ini akan digelar secara virtual dan diikuti oleh seluruh Kabid Humas di seluruh Polda jajaran pada Senin 2 November 2020.

Kakorlantas Titip Pesan Ini ke Personel Polri Saat Amankan KTT WWF di Bali
Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengecek kendaraan dinas untuk WWF di Bali

Korlantas Polri Setop Sementara Kirim Surat Tilang via WhatsApp, Ini Alasannya

Surat tilang pengendara nantinya kembali akan dikirimkan melalui jasa PT Pos.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024