Keluhan Warga Pedalaman Samosir Sumut Belum Dapat Listrik 50 Tahun

Effendi Simbolon saat bertemu warga Samosir
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Bersama Effendi MS Simbolon, Calon Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mengunjungi tiga desa yang ada di Kabupaten Samosir. Ketiga desa yang dikunjungi yakni Desa Sihotang, Desa Simbolon, dan Desa Nainggolan.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Menaiki kapal penyeberangan dari Dermaga Pintu Batu menuju ketiga desa itu, Rapidin bersama Effendi disambut gembira masyarakat setempat.

Sambutan yang berirama, Horas, Horas, Horas, menyambut kedatangan Anggota DPR RI dari PDIP dan calon petahana. Sebelumnya, Effendi dan Rapidin juga telah mengunjungi Desa Salaon, Danau Sidihoni, dan Desa Onan Rungu.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Dalam kunjungannya, Effendi mendapat aspirasi dari masyarakat, seperti permintaan kepada Calon Bupati Samosir Rapidin Simbolon agar nantinya menyediakan program penggemukan sapi, alat-alat pertanian seperti etor, pompa air.

"Ada lahan tidur di sini, saat musim kemarau mati. Kami berharap pemerintah supaya menyediakan ketersediaan air bersih. Disini banyak sumber air tapi tidak ada air bersih. Kami tidak punya duit untuk memfungsikan air bersih," ungkap A Simbolon, salah seorang warga.

Biaya Hidup di Jakarta Makin Mahal, Pengamat: Pemudik Tidak Lagi Bawa Keluarga

Selain itu, ada pula masyarakat Sihotang yang belum merasakan listrik selama sekitar 50 tahun. Masyarakat ini, ada di Desa Londut. Untuk itu, ia berharap keinginan mereka disambut baik dan terealisasi segera. 

Mendengar keluhan itu, Effendi Simbolon mengatakan kedatangannya kemari ingin mendengarkan keluhan atau masukan dari masyarakat Sihotang.

"Kita yakini, kita percaya, Tuhan akan memberikan yang terbaik buat pak Rapidin Simbolon. Saya percaya kalian semua tetap akan mendukung petahana. Kalau ada yang datang memberikan sesuatu atau janji, gak apa-apa  terima, tapi tetap pilih pak rapidin, nomor 3," kata Effendi di Desa Sihitang yang dihuni sekitar 700 KK.

Mengenai keluhan warga, ia berharap kepada Rapidin Simbolon jika terpilih untuk periode selanjutnya agar segera merealisasikan permintaan warga yang memang menjadi kebutuhan mendesak.

Menanggapi hal itu, Calon Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengaku baru mengetahui ada warga yang belum mendapat aliran listrik. Ia akan berkoordinssi dengan dinas terkait agar segera melakukan survei ke lapangan.

"Untuk alat pertanian itu menjadi prioritasnya untuk maju menjadi calon bupati di periode selanjutnya. Pariwisata dan Pertanian menjadi prioritas kita," pungkasnya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya