Ratusan Jemaah Indonesia Berangkat Umrah Pagi Ini

Pelaksanaan ibadah umrah di masa pandemi
Sumber :
  • Saudi Press Agency

VIVA - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sudah membuka pelaksanaan ibadah umrah pada 1 November 2020 ini. Ratusan orang jemaah dari Indonesia pun berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pagi hari ini.

Warga Iran Kini Dapat Kembali Berangkat Umrah Setelah 9 Tahun, Hal Ini Jadi Penyebabnya

"360 orang, diisi mayoritas pemimpin penyelenggara umrah Amphuri (Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia). Jemaah yang berangkat sedikit. Ini mau berangkat untuk memastikan fasilitas bagi para jemaah," kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP Amphuri, Muhammad Farid Aljawi, dalam wawancara dengan tvOne, Minggu, 1 November 2020.

Farid menuturkan pihaknya mendapatkan informasi soal izin berangkat 6 hari yang lalu. Karena itu, persiapan yang mereka lakukan dadakan.

Syekh Abu Al Sebaa, Seorang Dermawan Penyedia Makan Gratis untuk Jemaah Umrah Meninggal Dunia

"Ini berita baik buat kita, sekian lama menunggu selama 9 bulan, sejak Februari 2020. Ini yang diimpikan jemaah Indonesia," katanya lagi.

Farid mengaku tidak henti-hentinya berkomunikasi dengan Kementerian Haji Arab Saudi, dan pemerintah. Dia mengucapkan terima kasih dengan pemerintah Arab yang mengizinkan Indonesia untuk umrah.

Digosipkan Mualaf, Celine Evangelista Berangkatkan Umrah Karyawannya Secara Gratis

"Kami berharap mendapat prioritas atau kuota yang mayoritas. Saat ini masa transisi, jadi jemaah-jemaah yang tidak bisa berngkat tahun ini mungkin bisa awal tahun," katanya.

Farid menambahkan sejauh ini sudah ada 59 ribu orang yang mendaftar. Namun, yang memenuhi syarat 18-51 tahun hanya 40 persen.

Untuk berapa jatah yang didapat Indonesia, dia mengaku belum tahu.

"Setelah kita terbang perdana, nanti kita mendapat informasi lebih banyak," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya