Kutip Nabi Muhammad, Mahfud Ungkap Sebab Hancurnya Suatu Bangsa

Menko Polhukam, Mahfud MD, di ILC tvOne 29 September 2020
Sumber :
  • Andry Daud/VIVA

VIVA - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Kemananan, Mahfud MD, mengutip suatu cerita dari Nabi Muhammad SAW yang membahas sebab hancurnya suatu bangsa. Menurut Mahfud, hal itu dimulai ketika Nabi Muhammad diminta untuk menghukum seseorang.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

"Ketika diminta tdk menghukum orang yg bersalah Nabi Muhammad SAW mengatakan kpd keluarga Bani Mahzum, "Ketahuilah, hancurnya bangsa dan negara terdahulu disebabkan 'jika ada orang besar bersalah dibiarkan tp kalau ada orang kecil bersalah langsung dihukumkan hadd' kepadanya"," kata Mahfud melalui akun Twitternya, @mohmahfudmd, Minggu, 1 November 2020.

Salah seorang netizen, kemudian membalas cuitan Mahfud tersebut. Dia meminta Mahfud untuk melakukan sesuatu karena hal itu juga terjadi di Indonesia saat ini.

Luar Biasa, Ternyata Ini Tugas Nabi Muhammad SAW Diutus ke Dunia

"Dan itu sekarang yg sering terjadi di indonesia prof.... Ayo prof. Tunjukan dgn tindakan, bkn hanya dgn kata" karena anda memiliki kekuatan utk bertindak.." tulis @Idrus_kaidu.

Mahfud lantas meresponsnya. Dia mengatakan pemerintahan manapun akan hancur jika tidak berbuat adil.

Buya Yahya Bongkar Hukum Memakai Baju Baru Ketika Lebaran, Ternyata Begini

"Pokoknya, siapapun pemerintahnya akan runtuh jika sengaja berlaku tidak adil. Itu adl "ibrah", pelajaran sejarah. Kalau tdk runtuh, berarti sdh berusaha adil, atau nunggu waktu. Sejak zaman dulu di Indonesia pun begitu, kan?" jawabnya.

Belum diketahui maksud lebih jauh atau konteks Mahfud menyampaikan salah satu cerita Nabi Muhammad tersebut. Namun saat ini, salah satu persoalan yang menjadi polemik di Indonesia adalah mengenai UU Omnibus Law Cipta Kerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya