FOTO Sungai Citarum Dulu dan Sekarang, Bersih dan Banyak Ikannya

Sungai Citarum, dulu dan sekarang
Sungai Citarum, dulu dan sekarang
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pemandangan indah nan sejuk terpampang di Sungai Citarum, Purwakarta, Jawa Barat. Sungai yang dulu sangat jorok karena dipenuhi sampah, kini bersih, airnya jernih dan bahkan sudah ada ikan yang hidup di sana. 

Dari beberapa foto yang diperoleh VIVA, Selasa, 3 November 2020, terlihat jika sungai malah jadi incaran warga dan anak-anak sekitar. Mereka melakukan aktivitas sehari-hari tanpa harus mencium aroma yang tak sedap.

Photo :
  • Istimewa

Anak-anak warga sekitar bahkan terlihat asyik berenang. Seolah terbayar dengan jerih payah pembersihan sungai selama bertahun-tahun dan bahkan sempat menjadi perhatian dunia internasional.

Salah seorang warga Desa Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Ari (31 tahun) mengaku menemui ikan lalawak di kawasan Istora Waduk Jatiluhur. Setelah lama tak terlihat, ikan mirip tawes berujung ekor merah itu terjerat jaring yang dipasangnya beberapa waktu sebelumnya.

Photo :
  • Istimewa

Ari mengatakan sudah lama lalawak tidak mengisi ember bututnya. Dia lebih sering menangkap patin, nila, dan mas, yang kebetulan lepas dari keramba jaring apung (KJA) di Jatiluhur.