Melihat Tempat Karantina Pasien COVID-19 di Kalsel

Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta dan Satgas COVID-19 meninjau tempat karantina
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Virus Corona Disease atau COVID-19 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan monitoring dan evaluasi peninjauan secara langsung kegiatan karantina khusus yang ada di Kabupaten Tapin, Selasa, 3 November 2020.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Kegiatan tersebut dilakukan oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta, bersama Plt Gubernur Kalsel H. Rudy Resnawan, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah, karo Umum Setda Provinsi Kalsel, kepala Dinas Kesehatan Kalsel, kepala Dinas Sosial Kalsel, kepala BPBD Kalsel, dan pejabat utama Polda Kalsel yang turut didampingi juga bupati Tapin, kapolres Tapin, dan SKPD Kabupaten Tapin.

Pada kunjungan ini, Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta, memaparkan terkait penanganan COVID-19 dan pengamanan Pilkada 2020.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Dalam paparannya disampaikan info perkembangan COVID-19 di Provinsi Kalsel, penanganan COVID-19 melalui Operasi Yustisi, kesiapan alat PCR/TCM, kesiapan rumah sakit rujukan, tempat karantina, tenaga kesehatan/medis, serta langkah-langkah penanganan COVID-19.

Menurut Nico, peninjauan ke lapangan ini guna memastikan tempat isolasi COVID-19 terutama kelengkapan dan kelayakan tempat isolasi, sehingga tempat yang sudah ditentukan benar-benar layak digunakan.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

“Fasilitas yang tersedia di Rumah Isolasi Berkelompok (RIB) SKB Kabupaten Tapin cukup lengkap, sehingga warga yang melakukan isolasi mandiri di rumah bisa dilakukan di sini,” kata Nico.

Selain itu, ucap Nico, seluruh ruang isolasi yang sudah ditentukan dipastikan sudah memenuhi standar, sehingga ketika ada pasien yang diisolasi benar-benar nyaman tidak terjadi polemik di tengah masyarakat.

Usai dari Kabupaten Tapin, kapolda dan rombongan meninjau tempat karantina khusus penanganan pencegahan COVID-19 yang berada di Kabupaten Hulu Sungau Selatan (HSS). Nico juga menuturkan, fasilitas yang tersedia di RSUD Hasan Basery Kandangan Kabupaten HSS ini cukup lengkap.

Kapolda Kalsel juga berharap bahwa masyarakat harus mematuhi imbauan pemerintah termasuk social distancing, menjaga kebersihan, rajin cuci tangan, memakai masker, dan menjaga daya tahan tubuh.

Saat ini, jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Jauhi Kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#pakaimasker
#jagajarak
#ingatpesanibu
#cucitanganpakaisabun
#satgascovid19

Baca juga: Update COVID-19 Nasional 3 November: 349.497 Pasien Sudah Sembuh

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya