Dramatis, Evakuasi Pendaki yang Hipotermia di Gunung Bawakaraeng

Tim Basarnas Makassar mengevakuasi pendaki yang terkena hipotermia di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulsel, Senin, 9 November 2020.
Sumber :
  • VIVA/Irfan Abdul Gani

VIVA – Basarnas Makassar bersama dengan gabungan tim SAR berhasil mengevakuasi seorang pendaki yang mengalami masalah kesehatan di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin, 9 November 2020.

Kronologi Tim SAR Gabungan Evakuasi Turis Perancis di Objek Wisata Bukit Sipiso-piso Sumut

Menurut Kepala Basarnas Makassar, Mustari, pihaknya sebelumnya menerima informasi dari Polsek Tinggimoncong tentang adanya satu dari 10 pendaki mengalami hipotermia di pos 7 Gunung Bawakaraeng.

Mereka mendaki pada Jumat sore pekan lalu. Sesampai di Pos 7, Marten (20), pendaki yang mengalami hipotermia, mulai merasa tidak enak badan saat perjalanan naik menuju ke Pos 9, namun memaksakan diri sampai ke Pos 10 sebelum tengah malam.

Cari Madu, Warga Rinca Manggarai Barat Digigit Komodo

Tujuh rekan korban lebih dulu turun menuju ke Pos 5 untuk mencari jaringan telepon guna mengabari Polsek Tinggimoncong mengenai kondisi teman mereka.

"Korban hipotermia saat ini sudah dievakuasi menuju ke Puskesmas untuk dilakukan perawatan lebih lanjut, karena kondisinya lemah," ujar Mustari.

Eks Kabasarnas Henri Alfiandi Didakwa Terima Suap Rp 8,6 Miliar

Dalam proses evakuasi itu, lantaran medan yang cukup terjal, korban yang sebelumnya sempat ditandu, akhirnya digendong oleh salah seorang petugas Basarnas menuruni rute berbatu.

Gunung Bawakaraeng primadona bagi hampir semua pendaki di Sulawesi Selatan. Lokasi objek pendakian ini berada di Kabupaten Gowa. Jarak tempuh dari Kota Makassar sekitar 3-4 jam. (art)

Baca: Viral 2 Pendaki Berfoto Bugil, Balai Besar TNGGP: Langgar Kesopanan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya