Mahfud MD: Pengikut Habib Rizieq Pasti Revolusi Akhlak

Menkopolhukam Mahfud MD.
Sumber :
  • Reza Fajri/VIVA.

VIVA – Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan Habib Rizieq mempunyai hak hukum dan kewajiban hukum yang sama seperti warga negara lainnya. Sehingga kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia menurut Mahfud adalah hak yang harus dilindungi.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

"Karena dulu juga waktu pergi, kita berikan haknya untuk pergi, bukan karena kita minta untuk pergi. Sekarang mau pulang kita berikan haknya untuk pulang, karena dia adalah warga negara yang hak-haknya harus dilindungi," kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin, 9 November 2020.

Menurut mantan hakim Mahkamah Konstitusi ini, pemerintah masih mencatat bahwa Habib Rizieq pulang ke Indonesia juga untuk melakukan revolusi akhlak.

Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

"Revolusi akhlak itu akan menimbulkan kebaikan, oleh sebab itu semuanya harus tertib. Silakan menjemput, tapi tertib, rukun dan damai, seperti yang selama ini dianjurkan oleh Habib Rizieq," kata dia.

Menko Mahfud mewanti-wanti pihak yang ingin membuat keributan. Menurutnya kalau saat kepulangan nanti ada yang membuat keributan atau yang membuat rusuh, maka akan dianggap bukan pengikutnya Habib Rizieq.

Top Trending: Kisah Jenderal Agus Subiyanto, Sosok Aiptu FN hingga Istri Baru Habib Rizieq

"Kalau pengikutnya Habib Rizieq pasti yang baik-baik, pasti revolusi akhlak," ungkap Mahfud.  

Menko Polhukam juga berharap aparat keamanan nanti tidak terlalu berlebihan menyikapi kepulangan Habib Rizieq. Menurutnya ini adalah masalah biasa saja atau hal yang reguler. 

"Hanya karena ada peningkatan eskalasi orang menjemput, iya, penjagaannya juga supaya ditingkatkan. Tetapi tidak usah berlebihan. Tidak boleh ada tindakan-tindakan yang sifatnya represif, semuanya harus dikawal dengan baik," kata Mahfud.

Diketahui, Habib Rizieq Shihab dijawalkan akan tiba di Tanah Air pada Selasa besok, 10 November 2020. Habib Rizieq disebut akan tiba di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) pada pukul 09.00 WIB.

"Insya Allah besok jam 9.00, beliau tiba," kata Ketua Presidium Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Maarif, saat dikonfirmasi VIVA, Senin, 9 November 2020.

Slamet mengingatkan bagi masyarakat yang mau ikut menyambut Habib Rizieq harus tertib. Menurutnya, penerapan protokol kesehatan penting dilakukan.

"Bagi siapa pun yang ingin sambut dan jemput IB HRS wajib menjaga ketertiban dan kebersihan serta menerapkan protokol COVID-19," tutur Slamet. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya