Fadli Zon Minta Menlu Ganti Dubes RI di Arab Saudi

Dubes RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh usai menyambut jemaah haji asal Surabaya.
Sumber :
  • Darmawan/MCH2019

VIVA - Anggota Komisi I DPR, Fadli Zon, mengusulkan kepada pemerintah dalam hal ini Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk segera mengganti duta besar Republik Indonesia (dubes RI) untuk Arab Saudi, Agus Maftuh.

Ikhlas Pangkal Sukses: Catatan Kecil tentang Prabowo Subianto

“Sbg anggota @DPR_RI Komisi 1, sy usulkan kpd @Menlu_RI agar segera menarik n mengganti Dubes RI di Saudi,” tulis Fadli di akun twitter @fadlizon yang dikutip Rabu, 11 November 2020.

Baca juga: Fadli Zon: Generasi Milenial Ketiban Warisan Utang Menggunung

Fadli Zon, Adian Napitupulu hingga Primus Lolos ke Senayan dari Dapil V Jabar

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini menyebutkan beberapa alasan mengapa Menlu Retno harus menarik Dubes Agus.

“Yg bersangkutan sdh berada di sana hampir 5 tahun. Komentarnya selalu miring soal Habib Rizieq Shihab, pdhal Dubes RI seharusnya melayani, melindungi n membela warga RI,” katanya.

Fadli Zon Minta Masyarakat Lihat Semua Medsos Calon Wakil Rakyat yang Dipilih, Ini Alasannya

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh, angkat bicara perihal kabar kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab ke Tanah Air. Agus mengatakan saat ini Habib Rizieq belum bisa keluar dari Arab Saudi.

"Berdasarkan komunikasi kami dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, bahwa sampai detik ini nama Mohammad Rizieq Syihab (MRS) dalam sistem portal imigrasi Kerajaan Arab Saudi masih 'blinking merah' dengan tulisan ta'syirat mutanahiyah (visa habis) dan dalam kolom lain tertulis: mukhalif (pelanggar UU)," kata Agus Maftuh kepada VIVA, Rabu, 14 Oktober 2020.

Dalam hal ini bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh Rizieq adalah mutakhallif ziyarah atau overstay dengan visa kunjungan. Selain itu, ada juga kolom ma'lumat al-mukhalif foto pelanggar. Agus menegaskan red blink ini adalah sinyal bahwa Habib Rizieq belum bisa keluar dari Arab Saudi. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya