Upacara Hari Pahlawan di Makassar Tak Biasa Kala Pandemi COVID-19

Upacara peringatan Hari Pahlawan pada 10 November 2020
Sumber :
  • VIVA/Irfan

VIVA – Pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2020 di Kota Makassar kemarin tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Diketahui masih masa pandemi COVID-19, upacara peringatan yang berlangsung di halaman kantor Wali Kota Makassar pada Selasa siang menyebabkan pesertanya harus dibatasi.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Pejabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin dalam arahannya menyampaikan, meski masih masa pandemi COVID-19, peringatan Hari Pahlawan Nasional berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. 

"Hari Pahlawan kiranya tidak sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja. Namun lebih dari itu, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Perlu terus dikenang sepanjang masa oleh semua sebagai mana tema Hari Pahlawan tahun 2020 yaitu ‘Pahlawanku Sepanjang Masa’," tuturnya.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Rudy mengingatkan bahwa apa telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi semua komponen bangsa untuk meneruskan perjuangan mereka.

"Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini. Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia," kata dia.

Menteri Basuki: ASN Pindah ke IKN Usai Upacara 17 Agustus

Selain itu Rudy menyebut, jika dahulu pahlawan berjuang dengan mengangkat senjata maka generasi sekarang harus berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi COVID-19 yang saat ini melanda dunia.
 
"Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong-royong mengisi kemerdekaan membangun negeri. Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia," ujarnya dalam upacara tersebut.

Selain dihadiri kepala SKPD lingkup Pemkot Makassar, upacara Hari Pahawalan Nasional juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di antaranya Kapolretabes Makassar Kombes Pol Witnu Urip laksana, Kepala Kejari Makassar Andi Sundari,Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP M. Kadarislam Kasim serta beberapa tamu dan undangan lainnya. (ren)


#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya