Gunung Merapi Erupsi, PVMBG Minta Wisatawan Tak Lakukan Pendakian

Gunung Merapi
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi atau PVMBG melaporkan bahwa saat ini aktivitas Gunung Merapi yang berada di ketinggian 2968 mdpl berada pada status level siaga III.

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Dari pengamatan meteorologi, saat ini kondisi Gunung Merapi cuaca cerah, berawan, dan mendung. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat. Suhu udara 15-20 derajat Celsius, kelembapan udara 60-95 persen, dan tekanan udara 569-689 mmHg.

“Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 50 m di atas puncak kawah. Suara guguran terdengar 3 kali  dan teramati 1 kali dari Babadan arah kali Senowo jarak 700 meter,” kata Kepala PVBMG, Kasbani kepada VIVA di Jakarta, Rabu, 11 November 2020.

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Baca juga: Mahfud: Tak Hadir di Istana, Gatot Nurmantyo Terima Bintang Jasa

PVMBG menyebutkan prakiraan daerah bahaya meliputi:

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta:  Kabupaten Sleman yaitu, di Kecamatan Cangkringan: Desa Glagaharjo (Dusun Kalitengah Lor); Desa Kepuharjo (Dusun Kaliadem); Desa Umbulharjo (Dusun Palemsari).

Provinsi Jawa Tengah: Kabupaten Magelang yaitu di Kecamatan Dukun: Desa Ngargomulyo (Dusun Batur Ngisor, Gemer, Ngandong, Karanganyar); Desa Krinjing (Dusun Trayem, Pugeran, Trono); Desa Paten (Babadan 1, Babadan 2).

Kabupaten Boyolali: Kecamatan Selo: Desa Tlogolele (Dusun Stabelan, Takeran, Belang); Desa Klakah (Dusun Sumber, Bakalan, Bangunsari, Klakah Nduwur); Desa Jrakah (Dusun Jarak, Sepi).

Sedangkan, di Kabupaten Klaten terdiri dari Kecamatan Kemalang: Desa Tegal Mulyo (Dusun Pajekan, Canguk, Sumur); Desa Sidorejo (Dusun Petung, Kembangan, Deles); Desa Balerante (Dusun Sambungrejo, Ngipiksari, Gondang).

Dengan adanya kejadian ini, Kasbani mengimbau, kepada penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan. “Pelaku wisata agar tidak melakukan kegiatan wisata di KRB III Gunung Merapi termasuk kegiatan pendakian ke puncak Gunung Merapi,” katanya.

Kemudian, pemerintah Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten agar mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan upaya mitigasi bencana akibat letusan Gunung Merapi yang bisa terjadi setiap saat.

“Jika terjadi perubahan aktivitas Gunung Merapi yang signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya