HNW Heran TNI Sanksi Prajurit yang Teriak Kami Bersamamu Habib Rizieq

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid
Sumber :
  • DPR

VIVA – Viralnya video prajurit TNI menyambut kepulangan imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab di Bandara Soekarno-Hatta berujung pada sanksi disiplin. Sanksi disiplin ini menuai beragam tanggapan dari berbagai kalangan termasuk elite partai oposisi. 

Habib Bahar Gombalin Pelayan Restoran Cantik: Tangan Mbak Terlalu Indah

Eks Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid juga turut mempertanyakan sanksi institusi TNI kepada prajuritnya. Ia ikut mengomentari kritikan TNI yang disampaikan politikus Gerindra, Fadli Zon.

Menurut mantan Ketua MPR itu, kedekatan prajurit TNI dengan ulama bukan hal aneh. Hidayat mencontohkan Panglima Jenderal Sudirman juga dekat dengan ulama.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

"Dari dulu, TNI dikenal dekat dg Ulama. Jenderal Sudirman, Bapak TNI, sangat hormat dg KH Syubchi Parakan," tulis @hnurwahid di akun Twitternya, Kamis 12 November 2020.

Hidayat menilai, Habib Rizieq sejak di Mekkah, Arab Saudi juga tidak pernah menyatakan memusuhi pemerintah atau TNI. Maka itu, menurut dia, pihak TNI tidak perlu sampai memberikan hukuman kepada prajuritnya tersebut.

Habib Bahar Ngaku Pernah Didekati Artis Cantik hingga Diajak Menikah: Dia Mau Jadi Istri Kedua

"HRS sejak di Makah nyatakan; Beliau tidak memusuhi Pemerintah atau TNI. Ekspresi hormat 2 Prajurit itu mestinya tidak berbuntut panjang, tapi harumkan nama TNI&kuatkan NKRI," lanjutnya.

Baca Juga: Beredar Foto Prajurit TNI Pembuat Video Rizieq Shihab Tangan Diborgol

Sebelumnya, Prajurit TNI Angkatan Darat harus menelan pil pahit karena video viral saat penyambutan Habib Rizieq. Dia dinilai melanggar perintah kedinasan tentang penggunaan sosial media bagi prajurit TNI dan keluarganya.

Kapendam Jaya Kolonel Inf Refki Efriandana Edwar menyampaikan prajurit dalam video itu Kopda Asyari, yang merupakan anggota Kompi A Yonzikon 11 Kodam Jaya.

Baca Juga: Viral Video Diduga Prajurit TNI Teriak: Kami Bersamamu Habib Rizieq

Video anggota TNI itu beredar dan viral di media sosial. Dalam video tersebut, Kopda Asyari menyampaikan sedang perjalanan menuju Bandara Soekarno Hatta dalam pengamanan Habib Rizieq.

"On the way bandara, persiapan pengamanan imam besar habib Rizieq Shihab. Kami bersamamu imam besar habib Rizieq Shihab. Takbir. Allahhuakbar," teriak Kopda Asyari.

Pun, sanksi juga dijatuhkan terhadap Prajurit TNI AU berinisial BD yang dijebloskan Rumah Tahanan Militer Satuan POM Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Serka BD viral lantaran video nyanyian menyambut kedatangan Habib Rizieq. Video itu viral dan beredar luas di media sosial.

"Sekarang sudah ditangani oleh POM dan intel, Kalau saya lihat itu pelanggarannya disiplin militer," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Fajar Adriyanto. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya