Aktivis Nilai Ridwan Kamil Tak Tegas Terhadap Loyalis Habib Rizieq

Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA - Eksponen aktivis 98 dari berbagai organisasi menuntut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran protokol kesehatan dalam acara ceramah Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab, di Mega Mendung, Kabupaten Bogor, Jumat, 13 November 2020.

Sekda Depok Maju Pilkada, Minta Dukungan Ridwan Kamil

Ridwan Kamil dituntut eksponen yang di antaranya Perhimpunan Pergerakan Jejaring Nasional Aktivis (PPJNA) 98, Barikade 98 Jabar, Jaringan Nasional Aktivis (Jarnas) 98, Komite Pergerakan Pemuda Santri dan Mahasiswa Indonesia (KPPSMI dan Forgema) 77/78.

Baca juga: Disebut Nikita Tukang Obat, Habib Rizieq: Saya Tidak Marah

Habib Bahar Gombalin Pelayan Restoran Cantik: Tangan Mbak Terlalu Indah

Aktivis 98, Abdul Salam Nur Ahmad menjelaskan Gubernur harus bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Kepulangan Habib Rizieq dinilai memicu kerumunan yang melanggar protokol kesehatan COVID-19.

"Kenapa tidak ada upaya pencegahan, padahal itu jelas-jelas melanggar protokol kesehatan," ujar Abdul di Bandung, Senin, 16 November 2020.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Menurutnya, Ridwan Kamil lemah dalam koordinasi dengan kepala daerah terkait untuk meminimalisir kerumunan massal itu. Bahkan, lanjut Abdul, kegiatan pernikahan anak Habib Rizieq diduga banyak didatangi loyalis dari Jawa Barat.

"Harusnya ada koordinasi, jangan sampai warganya datang. Saya sangat yakin, yang kemarin (di Petamburan) itu banyak warga Jawa Barat," katanya.

Abdul menilai Ridwan Kamil tak sanggup memberi ketegasan kepada loyalis Habib Rizieq untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Sudah jelas kok aturan protokol kesehatan itu apa saja. Bahkan dia sendiri yang mengampanyekan protokol kesehatan ke masyarakat. Tapi kenapa kemarin diam, seolah - olah tak terjadi apa-apa," katanya.

"Sebagai kepala daerah, harusnya gubernur bisa menggunakan perangkat negara yang ada untuk melarang dan mencegah kerumunan di saat pandemi ini. Harusnya berani mencegah terjadinya pelanggaran aturan," ujarnya.

Habib Rizieq Shihab mengisi ceramah di Megamendung, Kabupaten Bogor. Habib Rizieq tiba di Simpang Gadog untuk berceramah di Megamendung, Bogor.

Kedatangan Habib Rizieq disambut riuh massa pendukungnya. di Simpang Gadog Kabupaten Bogor, Habib Rizieq melintas sekitar pukul 09:13 WIB dengan menumpangi mobil Pajero putih.

Habib Rizieq ditemani menantunya, Habib Hanif Alatos. Keduanya mengenakan pakaian serba putih dan keluar dari sunroof mobil untuk menyapa pendukung.

Pendukung Habib Rizieq yang memenuhi jalanan menjadi riuh. Mereka mengelu-elukan nama Habib Rizieq dan dibalas lambaian tangan oleh Imam Besar FPI itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya