Sistem PJJ Tak Efektif, Cak Imin: Saya Minta Mendikbud Lihat Fakta Itu

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA –  Angka kasus positif Corona COVID-19 di Tanah Air belum memperlihatkan penurunan. Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Ami menyampaikan Indonesia saat ini masih bisa bertahan di tengah pandemi COVID-19 karena punya kekuatan dan solidaritas.

Gus Ipul Bicara soal Pergantian Cak Imin dari Ketua Umum PKB: Harus Regerenasi

“Kekuatan ini yang tidak dimiliki negara lain. Pemerintah juga berbuat baik dengan kebijakan-kebijakannya. Karena itu mari kita solidkan barisan dan kekompakan, insha Allah dengan itu bisa meredam COVID-19,” kata politikus yang juga akrab disapa Cak Imin itu secara virtual, Selasa, 17 November 2020.

Dia menambahkan, dengan kondisi ini maka tak ada pilihan bagi setiap elemen masyarakat untuk tetap eksis dan bisa mandiri. Menurutnya, imbas pandemi sudah membuat sejumlah persoalan seperti pemutusan hubungan kerja atau PHK. 

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

Namun, ia juga menyoroti kondisi darurat pendidikan saat ini yang mesti diantisipasi dengan baik. Ia bersyukur pesantren yang dinilainya jadi solusi darurat pendidikan terbaik.

Menurutnya, pondok pesantren dinilai jalan keluar saat pendidikan jarak jauh (PJJ) tidak efektif. Dia bilang hal itu juga kepada pasangan calon Estianah-Ali Mahsun yang diusung PKB di Pilkada Demak.

Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik

“Oleh karena itu, saya berpesan Bu Esti maupun Pak Ali Mahsun, saya minta pendidikan dijadikan prioritas, terutama di pesantren. Saya juga sudah meminta Mendikbud untuk turun melihat fakta itu. Demak harus menjadi contoh bagi Indonesia dan negara lain,” tutur Cak Imin.

Baca Juga: Kemendikbud: 35,5 Juta Siswa hingga Guru Telah Terima Kuota Internet

Pun, terkait darurat ekonomi, ia menyebut perlu diantisipasi baik oleh pemerintah maupun pelaku usaha dan lembaga pendidikan.

Selanjutnya, Cak Imin menyinggung soal kerawanan krisis. Hal ini baik ekonomi yang bisa berdampak pada ketimpangan, krisis sosial yang menyebabkan kekerasan, perpecahan dan meningkatnya kriminalitas.

Menurut dia, salah satu solusi persoalan itu dengan menggalakkan infak, sodaqoh bagi yang mampu.

“Saya instruksikan kader PKB menjadi motor mengoptimalkan kebijakan infak, zakat dan sodaqoh di Demak," tutur ketua umum PKB itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya