Jokowi: Muhammadiyah Anugerah Allah Bagi Indonesia

Source : Republika
Source : Republika
Sumber :
  • republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat milad ke-108 kepada Persyarikatan Muhammadiyah yang jatuh pada 18 November, hari ini. Presiden mengungkapkan terima kasihnya kepada persyarikatan atas pengabdian dan amal usahanya selama ini. 

"Muhammadiyah merupakan anugerah Allah SWT bagi bangsa Indonesia. Melalui kontribusi gerakan pencerahan Islam yang dirintis oleh KH Ahmad Dahlan, Muhammadiyah terus berikhtiar membumikan ajaran Alquran dan hadist ke dalam kehidupan masyarakat Indonesia secara kontekstual," ujar Presiden Jokowi dalam sambutan secara virtual dalam Resepsi Milad ke-108 Muhammadiyah, Rabu 18 November 2020.

Jokowi pun menyebutkan sudah banyak masyarakat Indonesia yang telah merasakan kualitas pelayanan usaha Muhammadiyah. Bahkan ia mengakui "kedekatan" keluarganya dengan Persyarikatan Muhammadiyah, seperti cucu pertama dan ketiganya yang lahir di RS PKU Muhammadiyah Solo serta Iriana Jokowi yang sempat mengenyam bangku kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta. 

photo
Ketua PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman menonton siaran syukuran Milad 108 Tahun Muhammadiyah secara virtual di Pusat Syiar Digital Muhammadiyah, Yogyakarta, Rabu (18/11). Milad Muhammadiyah tahun ini diselenggarakan di Kota Solo. Dan mengusung tema meneguhkan gerakan keagamaan hadapi pandemi dan masalah negeri. - (Wihdan Hidayat / Republika)

"Dan jutaan penduduk Indonesia telah merasakan manfaat dari kemajuan dan inovasi yang dilakukan Muhammadiyah. Merasakan pelayanan yang diberikan persyarikatan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan pendidikan masyarakat," kata Jokowi. 

Pada kesempatan yang sama, Jokowi menyampaikan apresiasinya kepada Muhammadiyah yang ikut membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19. Seperti diketahui, persyarikatan membentuk Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) dengan membuka layanan di 82 rumah sakit dan 40 perguruan tinggi.

"Pada kesempatan yang baik ini saya sampaikan terimakasih kepada para dokter, tenaga medis, tenaga kesehatan, RS Muhammadiyah dan Aisyiyah yang bekerja tanpa kenal lelah, siang malam," kata Presiden Jokowi.