Pesan PBNU ke Ulama: Berprilaku Sesuai Akhlak Rasullullah SAW

KH Marsudi Syuhud.
Sumber :
  • VIVA/Daru Waskita

VIVA – Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Marsudi Syuhud, mengatakan, dalam setiap ceramahnya, para ulama, mubalig dan kiai wajib mengedepankan agar umat menjadi lebih baik seusai ajaran agama dan tidak memecah belah umat.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

"Tugas kita (ulama) mengajak umat ke yang lebih baik. Mengajak bukan mencaci," kata Marsudi kepada wartawan, Rabu 18 November 2020.

Marsudi menjelaskan, jika para ulama berceramah dengan menebarkan pesan kebencian serta provokasi, akan ada akibatnya. Karena itu, sangat tidak dianjurkan ceramah yang melukai perasaan umat.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

"Karena kita kan ceramah untuk membangun umat. Bukan untuk melukai umat," tegas Marsudi.

Menurut Marsudi masih banyak ulama yang menebarkan kebaikan dari mimbar ke mimbar. Dia meyakini ulama-ulama Nahdlatul Ulama (NU) selalu mengajak masyarakat meniru Rasulullah Muhammad SAW. Sehingga menuntun umat ke jalan yang benar.

Gus Yahya Sebut Rencana Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia Sudah Didengar Sejak 2018

"Kalau kiai-kiai NU sudah pada apa yang harus ditiru dan yang tidak ditiru. Karena intinya adalah membangun masyarakat. Berperilaku sesuai ahlaknya Rasulullah," ujar dia.

Ajakan agar ulama selalu menyampaikan kebaikan dan meninggalkan kebencian saat ceramah ramai disuarakan setelah tersebar video ceramah Habib Rizieq Shihab yang dinilai penuh kebencian. Ketua umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie termasuk yang menyoroti isi ceramah Rizieq.

Di Twitter, Jimly mengunggah video ceramah Rizieq yang menyinggung isu penistaan agama. Rizieq meminta setiap penista agama dan penghina Islam maupun Nabi Muhammad SAW diproses dan ditangkap. 

Kalau tidak diproses, kata Rizieq, jangan salahkan umat Islam jika kemudian kepala sang penista agama ditemukan di jalan.

"Ini contoh ceramah yang bersifat menantang dan berisi penuh kebencian, permusuhan, yang bagi aparat pasti harus ditindak. Jika dibiarkan provokasinya bisa meluas dan melebar. Hentikan ceramah seperti ini, apalagi atas namakan dakwah yang mesti dengan hikmah dan mau'zhoh hasanah," kata Jimly melalui akun Twitter @JimlyAs. (ren)

Baca juga: Irjen Fadil Jadi Kapolda Metro, Kandidat Kapolri Tak Terdeteksi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya