Masyarakat Diminta Tak Sebarkan Info tentang Merapi Selain dari BPPTKG

Gunung Merapi diamati dari Desa Balerante, Klaten, Jawa Tengah, pada Kamis, 19 November 2020.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Munardo memastikan semua informasi tentang perkembangan aktivitas Gunung Merapi hanya boleh disampaikan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

Abu Vulkanik Gunung Ruang Ganggu Penerbangan, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

"Kita semuanya sepakat tadi bahwa informasi tentang perkembangan Gunung Merapi hanya disampaikan oleh Kepala BPPTKG," kata Doni saat ditemui di tempat pengungsian sementara di Balai Desa Balerante, Klaten, Jawa Tengah, Kamis, 19 November 2020.

Doni pun tidak membolehkan mengutip informasi maupun menyampaikan informasi dari luar BPPTKG agar kepastian data dan informasi itu tidak menimbulkan kekhawatiran dan kepanikan.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo saat ditemui di tempat pengungsian sementara di Balai Desa Balerante, Klaten, Jawa Tengah, Kamis, 19 November 2020.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

"Informasi-informasi yang disampaikan bisa membuat masyarakat menjadi tenang dan lebih siap. Ketika ada kejadian lebih tinggi maka bisa mengambil langkah yang tepat," ujarnya.

5 Potret Dahsyatnya Erupsi Gunung Ruang di Sulut, Muntahkan Lava dan Petir

Sebelum mengunjungi lereng Gunung Merapi, Doni Munardo pada Kamis pagi meninjau kantor BPPTKG di Yogyakarta. Kedatangan dia untuk melihat dari dekat perkembangan aktivitas Gunung Merapi.

"Kami meninjau di BPPTKG yang menjelaskan kemampuan untuk mengikuti perkembangan detik demi detik, menit demi menit, dan jam demi jam selama 24 jam aktivitas Gunung Merapi," ujarnya.

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

10 Desa dan 2 Kelurahan Terdampak Hujan Abu-Kerikil Erupsi Gunung Ruang, Menurut BNPB

Sebanyak 10 desa dan dua kelurahan di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, terdampak material vulkanik erupsi Gunung Ruang, menurut laporan BNPB.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024