Helikopter Disiagakan di Yogyakarta untuk Antisipasi Gunung Merapi

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Munardo saat ditemui di tempat pengungsian sementara di Balai Desa Balerante, Klaten, Jawa Tengah, Kamis, 19 November 2020.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiagakan satu unit helikopter berjenis Dauphin untuk antisipasi bencana erupsi Gunung Merapi. Helikopter milik BNPB ini dititipkan kepada TNI dan disiagakan di Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, helikopter itu bisa dipakai untuk aktivitas pemantauan dan segala jenis kegiatan lainnya yang dianggap perlu dalam penanganan jika terjadi erupsi Gunung Merapi. Helikopter itu bisa pula digunakan oleh kepala daerah atau petugas Badan Geologi dan BPPTKG Yogyakarta untuk memantau kondisi Gunung Merapi. 

“Kami dari BNPB akan menempatkan helikopter di sini, yang bisa mungkin nanti dimanfaatkan oleh Gubernur DI Yogyakarta dan Gubernur Jawa Tengah untuk memantau perkembangan Gunung Merapi,” katanya, Kamis, 19 November 2020.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Doni berharap nantinya informasi yang akurat dari para tim ahli kemudian dapat digunakan untuk memberikan penanganan dan kegiatan lain dalam memitigasi potensi ancaman bahaya erupsi Gunung Merapi.

"Penempatan helikopter BNPB tersebut sekaligus menjadi bukti bahwa Pemerintah Pusat hadir dalam rangka memitigasi dan penanganan bencana alam serta memberikan pelayanan untuk masyarakat. Ini sebagaimana arahan dari Presiden Joko Widodo yang menekankan bahwa keselamatan rakyat harus menjadi hukum yang tertinggi," ujarnya.

5 Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia Tahun 2024, Indonesia Gak Termasuk?

Solus Populi Suprema Lex: Keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi, sehingga semua rencana yang berhubungan dengan antisipasi erupsi Gunung Merapi harus kita lakukan sebaik mungkin, agar mengurangi risiko, terutama korban jiwa, termasuk juga kerugian harta benda,” katanya.

Baca: Doni Monardo Sebut Pengungsi Gunung Merapi Bisa Tertular COVID-19

VIVA Militer: Prajurit Puspenerbal TNI AL gelar latihan terbang malam

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Latihan terbang malam menggunakan Helikopter Bell 412

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024