Habib Rizieq Bakal Swab Test Mandiri

Habib Rizieq Shihab saat tiba di Petamburan
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Imam Besar Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab dikabarkan akan menjalani tes usap (Swab Test) COVID-19 secara mandiri. Pengetesan akan dilakukan dalam waktu dekat. 

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Hal tersebut dibenarkan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto. Perwakilannya pun telah menemui Rizieq di kediamannya Jalan Petamburan III Jakarta Pusat untuk memastikan hal itu.

“Katanya mereka mau melaksanakan (swab) mandiri,” ujar Heru di Jakarta, Minggu 22 November 2020.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Baca juga: KTT G20, Jokowi Tegaskan Komitmen RI Dorong Ekonomi Hijau

Heru mengatakan, sejumlah perwakilan dari Polsek Metro Tanah Abang dikirim untuk mengimbau Rizieq agar menjalani tes usap COVID-19 pada Sabtu 22 November 2020. Hal itu dilakukan setelah mendapat informasi bahwa Habib Rizieq sakit dengan ciri-ciri diduga terpapar COVID-19.

Top Trending: Kisah Jenderal Agus Subiyanto, Sosok Aiptu FN hingga Istri Baru Habib Rizieq

Namun Rizieq tidak dapat ditemui dengan alasan tengah istirahat dan tidak menerima tamu. Sehingga, pihak Kepolisian hanya mengimbau Rizieq lewat utusannya dari depan pagar rumah.

Heru memastikan Rizieq Shihab melakukan tes usap COVID-19 secara mandiri, tanpa fasilitas pemerintah.

Seperti diketahui, baru-baru ini, terdapat beberapa kerumunan massa di wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Kerumunan tersebut di antaranya terkait acara pernikahan putri Habib Rizieq Shihab dan Maulid Nabi.

Kementerian Kesehatan menyebutkan, kerumunan tersebut sudah pasti berisiko memunculkan klaster penularan baru Virus Corona atau COVID-19. Karenanya, Kemenkes melakukan pemeriksaan dan pelacakan kontak di sejumlah wilayah tersebut.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Muhammad Budi Hidayat, melaporkan hasil tracing dan testing pada sejumlah kejadian tersebut, berdasarkan data per 19 November 2020.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan PCR di Labkesda 21 November 2020, ditemukan di Tebet total 50 kasus positif, Petamburan sebanyak 30 kasus dan di Megamendung terdapat 15 sedang menunggu hasil pemeriksaan," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Minggu, 22 November 2020. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya