Jelang Pencoblosan Pilkada, Jokowi Minta Aparat Tegakkan Aturan

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Presiden Joko Widodo memberi perhatian khusus jelang akhir masa kampanye Pilkada serentak 2020 hingga hari pencoblosan pada 9 Desember mendatang.

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Dari 270 daerah yang menggelar pesta demokrasi itu, Jokowi mengingatkan agar Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Kapolri Jenderal Idham Azis bekerja lebih ekstra mengawasi pelaksanaan kerumunan massa dan protokol kesehatan.

"Saya juga minta kepada Mendagri, Kapolri dan Satgas di daerah untuk memberi perhatian khusus pada proses pilkada karena ini tinggal kurang lebih 2 minggu," kata Jokowi saat membuka rapat kabinet di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 23 November 2020.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Jokowi mengatakan, jangan sampai pembiaran disiplin protokol kesehatan mengganggu pekerjaan yang sudah tertangani dengan baik, dalam hal ini pemulihan ekonomi dan penanganan virus COVID-19.

Kepala negara juga meminta ketegasan aparat di lapangan.

Pendaftaran Petugas PPK Dimulai, KPU Depok Akan Rekrut 55 Orang

"Tegakkan aturan kemudian terus disiplin protokol kesehatan harus dilakukan secara ketat. Terutama nanti pada saat hari pencoblosan dan tentu saja di saat-saat kampanye-kampanye terakhir ini," kata Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mulai mewanti- wanti penularan pada liburan akhir tahun. Secara khusus, kata dia, rapat teknis mengenai hal itu akan dibicarakan secara rinci. Ia meminta setiap potensi kerumunan massa di masa libur panjang disiapkan secara matang.

"Langkah- langkah pencegahan dan intervensi terhadap potensi kegiatan yang melanggar protokol harus dilakukan dengan ketegasan," tutur Jokowi. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya