Struktur KPK Gemuk, Dewas Sudah Ingatkan Firli Bahuri Cs

Anggota Dewan Pengawas KPK Albertina Ho
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Anggota Dewan Pengawas atau Dewas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Albertina Ho mengatakan, pihaknya sudah mengingatkan pimpinan lembaga antirasuah sebelum membuat Peraturan Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Perkom) Nomor 7 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja. Imbauan itu saat rapat koordinasi pimpinan dengan Dewas KPK.

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

"Dalam rapat koordinasi pengawasan, Dewas sudah mengingatkan Pimpinan KPK agar perkom yang dibuat sesuai dengan UU," kata Albertina dikonfirmasi, Senin, 23 November 2020.

Apalagi, kata dia, pimpinan KPK sudah menginformasikan kepada Dewas KPK agar Perkom tersebut dikonsultasikan kepada Kemenpan RB dan Kementerian Hukum dan HAM.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

“Informasi yang Dewas peroleh sudah dikonsultasikan dengan Kemenpan RB dan Kemenkumham," ujarnya.

Baca Juga: Struktur Gemuk KPK, PAN: Tupoksi Harus Jelas, Agar Tak Tumpang Tindih

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

Meski begitu, Albertina menyampaikan, dalam pembuatan Perkom tersebut tak melibatkan jajaran Dewas. Sebab, menurut dia, pembuatan Perkom memang kewenangan dari Pimpinan KPK. 

Maka itu, Albertina mengaku pihaknya tak bisa dalam posisi menyatakan setuju atau tidak dengan isi perkom tersebut.

"Karena bukan kewenangan Dewas, maka Dewas tidak punya kapasitas untuk mengatakan setuju atau tidak. Kita lihat saja hasilnya nanti," kata dia.

Diketahui, Perkom 7/2020 KPK ini menuai polemik di masyarakat. Banyak pihak yang menilai jika perkom tersebut hanya akan membuat KPK kian gemuk. Alasan tersebut karena dalam perkom KPK menambahkan banyak struktur baru.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengklaim, penambahan struktur baru di KPK dilakukan untuk memperbaiki kinerja pemberantasan korupsi.

"Penataan ulang organisasi perlu kami lakukan merespons amanat UU, dan menjadi ikhtiar kami untuk terus memperbaiki kinerja kami ke depan," kata Ali.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya