HUT OPM 1 Desember, Polri dan TNI Patroli Besar-besaran

VIVA Militer : Pasukan TNI sisir kelompok bersenjata OPM di Papua (ilustrasi)
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA – Pihak TNI dan Polri, akan melakukan antisipasi dengan melakukan patroli secara besar-besaran, jelang hari ulang tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember mendatang. Operasi untuk mengantisipasi gangguan keamanan.

Kapolri Singgung Konflik Gaza saat Ngomong soal Soliditas TNI-Polri

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono mengatakan pihaknya akan melakukan patroli besar tersebut.

“Polri bersama TNI akan melaksanakan patroli besar terkait dengan mengantisipasi, mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Awi di Mabes Polri pada Senin, 23 November 2020.

Sri Mulyani: THR ASN, TNI/Polri, hingga Pensiunan Sudah Tersalur Hampir 100 Persen

Baca juga: Mendagri Minta KPUD Segera Simulasi Pencoblosan

Menurut dia, OPM merupakan organisasi inkonstitusional. Maka, masyarakat diimbau untuk tidak ikut-ikutan. Pihak keamanan juga meminta agar OPM tidak melakukan kegiatan tersebut.

Daftar Anggota TNI dan Polri yang Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Selain itu, Awi mengatakan Polri dan TNI juga melakukan pendekatan kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh suku, agar masyarakat tidak melaksanakan kegiatan memperingati HUT OPM tersebut.

“Diharapkan bisa kondusif melaksanakan kehidupan sehari-hari di bawah naungan NKRI, dan kita berharap tidak ada yang berusaha melaksanakan acara-acara memperingati 1 Desember yaitu Hari OPM,” tegasnya.

Anggota KKB Ananias Ati Mimin yang tertembak.

Polri Ternyata Masih Tetap Gunakan Istilah KKB Ketimbang OPM, Ini Alasannya

Polri mengungkapkan masih menggunakan istilah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) daripada Operasi Papua Merdeka (OPM).

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024