Ridwan Kamil Minta TNI-Polri Jaga Kondusivitas saat Pilkada 2020

Ridwan Kamil minta TNI Polri edukasi masyarakat terapkan prokes di Pilkada 2020
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta TNI-Polri menjaga kondusivitas Jawa Barat selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di delapan daerah. Antara lain yakni Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran, dan Kota Depok.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Selain kondusivitas, penerapan protokol kesehatan COVID-19 pada setiap tahapan pilkada harus ditegakkan tanpa pandang bulu. Selain TNI Polri, petugas pilkada pun harus mampu tegas dalam meminimalisasi potensi kerumunan yang memicu penularan COVID-19.

“Saya titip kepada para panitia (KPU) untuk memastikan kita (Provinsi Jabar) harus juara dalam penyelenggaraan protokol kesehatan 3M saat Pilkada Serentak 2020 berlangsung,” ujar Ridwan Kamil di Bandung, Selasa 24 November 2020.

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Baca juga: Bantuan Subsidi Gaji Guru Honorer Cair, Dapatnya Rp1,8 Juta

Ridwan Kamil juga menilai, penegakan COVID-19 di tengah pilkada menjadi atensi khusus bagi semua pihak. Namun, netralitas di lapangan harus tetap terjaga agar tidak mencoreng wibawa institusi.

Modus Tipu-tipu Masuk TNI-Polri, Nina Wati Dilaporkan Bikin Korban Rugi hingga Rp1 Miliar

“Jaga netralitas di tujuh wilayah Polda Jabar dan satu wilayah Polda Metro Jaya. Jangan sampai ada yang bermain politik praktis,” katanya.

Seperti diketahui, jumlah kasus COVID-19 saat ini masih tinggi. Untuk itu, cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan jauhi kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#ingatpesanibu
#satgascovid19
#pakaimasker
#cucitanganpakaisabun
#jagajarak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya