Saksikan ILC Hari Ini 24 November 2020: Bisakah Gubernur Dicopot?

Program acara Indonesia Lawyers Club/ILC tvOne (ilustrasi)
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Program unggulan tvOne, Indonesia Lawyers Club (ILC), akan digelar malam ini, Selasa, 24 November 2020. ILC kali ini mengangkat tema, 'Bisakah Gubernur Dicopot?'.

Muhadjir Effendy Sebut Kunker dan Bertemu Langsung Masyarakat Itu Pola Kepemimpinan Jokowi

Hal ini menyusul pro kontra penerbitan Instruksi Mendagi Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penegakan Protokol Kesehatan untuk Pengendalian COVID-19.

Dalam instruksi itu, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menyebut adanya sanksi pencopotan bagi kepala daerah yang lalai menegakkan protokol kesehatan COVID-19.

Hadir di Sidang Sengketa Pilpres 2024, Airlangga Hartarto Jelaskan Arahan Jokowi

"Saya juga mengingatkan Undang-Undang nomor 23 tahun 2014, kalau itu dilanggar, sanksinya dapat diberhentikan. Sesuai dengan pasal 78," kata Tito.

Menko PMK Muhadjir Effendy Pastikan Hadir jadi Saksi di MK, Sudah Dapat Izin Jokowi

Instruksi ini menuai pro kontra. Mendagri dinilai tak bisa serta merta mencopot jabatan gubernur. Salah satu pakar hukum yang bersuara adalah Yusril Ihza Mahendra. Dia menilai Mendagri maupun Presiden sekalipun tidak punya kewenangan memberhentikan kepala daerah. 

"Kepala daerah itu dipilih langsung oleh rakyat. Oleh karena itu, kalau mau diberhentikan, diberhentikan oleh rakyat. Hanya, mekanismenya melalui DPRD, melalui pemakzulan. Jadi tidak ada satu pun kewenangan Presiden mencopot Gubernur maupun Mendagri untuk mencopot Bupati, Wali Kota" kata Yusril.

Instruksi Mendagri ini terbit menyusul arahan Presiden Jokowi saat rapat terbatas beberapa waktu lalu. Kepala Negara meminta jajarannya mengambil tindakan tegas terkait disiplin protokol kesehatan. Termasuk kepada Mendagri Tito Karnavian yang diminta berani menegur kepala daerah yang justru malah ikut berkerumun.

Pernyataan Jokowi itu sesaat setelah ramai peristiwa terkait kerumunan massa di berbagai tempat terkait kepulangan pimpinan FPI Habib Rizieq Shibab ke Tanah Air.

"Saya juga minta kepada Menteri Dalam Negeri untuk mengingatkan, kalau perlu menegur kepala daerah, baik gubernur, bupati, maupun wali kota untuk bisa memberikan contoh-contoh yang baik kepada masyarakat, jangan malah ikut berkerumun," kata Jokowi pada saat memimpin rapat kabinet terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 16 November 2020.

Nah, untuk itu, saksikan ILC tvOne malam ini yang membahas tema itu secara langsung pada pukul 20.00 WIB. Sedangkan, link live streaming ILC tvOne bisa diakses melalui tvonenews.com atau download tvOne Connect. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya