Jokowi Minta Mensos Langsung Salurkan Bansos Awal Januari 2021

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Twitter @jokowi

VIVA – Presiden Jokowi memberi target kepada Menteri Sosial Juliari Batubara. Jokowi meminta, Juliari segera mendistribusikan segala paket bantuan sosial atau bansos, mulai awal tahun depan.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Hal itu disampaikan Jokowi saat menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa tahun 2021, di Istana Merdeka, Jakarta.

"Ini Pak Menteri Sosial, di awal Januari 2021 juga harus segera diberikan kepada penerima manfaat, kepada masyarakat agar belanja masyarakat meningkat, agar konsumsi masyarakat meningkat sehingga juga menggerakkan ekonomi di lapisan bawah," kata Jokowi, Rabu 25 November 2020.

Soroti Sidang Sengketa Pilpres, Refly: Kita Dibohongi 4 Menteri, Seolah-olah Everything Is Ok

Baca juga: Hari Guru, Emil Beri Kado Rumah Murah Cicilan Rp900 Ribu

Jokowi mengatakan, kepada seluruh jajarannya untuk menambah kecepatan dalam hal kinerja. Pada situasi krisis di masa pandemi COVID-19, tentu keadaannya tidak normal.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Selain bantuan sosial, insentif atau stimulus yang diberikan kepada sejumlah kelompok masyarakat agar tepat sasaran dan memberikan dampak daya ungkit bagi perekonomian nasional.

"Seluruh rupiah yang ada di APBN maupun APBD harus betul-betul dibelanjakan untuk kepentingan rakyat," ujar Presiden.

Menurut Kepala Negara, fleksibilitas dalam penggunaan anggaran juga tak kalah penting. Ia mengingatkan, semua yang diambil dari kas negara untuk membantu masyarakat. Dan tentunya mengedepankan transparansi serta kehati-hatian.

"Akuntabilitas itu menjadi bagian integral," ujar Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya