Edhy Prabowo: Ini Tanggungjawab Saya Dunia Akhirat

Menteri KKP Edhy Prabowo
Sumber :
  • Twitter @Edhy_Prabowo

VIVA – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra. 

KPK: Gazalba Saleh Diduga Terima Gratifikasi dari Kasasi Edhy Prabowo

Hal itu dikatakan Edhy sebelum ditahan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terkait kasus suap perizinan tambak perikanan atau komoditas perairan tahun 2020.

"Saya dengan ini akan mengundurkan diri sebagai Wakil Ketua Umum," kata Edhy Prabowo di kantor KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 26 November 2020. 

Mahfud MD Respons Eks Koruptor Benih Lobster Edhy Prabowo Bebas dari Penjara

Baca juga: KPK Beberkan Kronologi Penangkapan Edhy Prabowo

Dengan tangan diborgol dan memakai baju tahanan KPK, Edhy juga menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatan menteri di Kabinet Indonesia Maju. Ia menegaskan bertanggungjawab atas ulahnya itu dan mengikuti proses hukum sesuai mekanisme yang berlaku.

Edhy Prabowo Bebas Bersyarat Sejak 18 Agustus 2023

"Nanti saya akan mohon diri untuk tidak lagi jabat sebagai menteri dan saya yakin prosesnya sedang berjalan, saya bertanggungjawab penuh dan saya akan hadapi dengan jiwa besar. Ini tanggungjawab penuh saya kepada dunia dan akhirat, dan saya akan menjalani pemeriksaan ini. Insha Allah dengan tetap sehat, mohon doa," jelas Edhy.

Pada perkaranya, Edhy Prabowo ditetapkan tersangka beserta enam orang lainnya yakni Safri (SAF) selaku Stafsus Menteri KKP, Siswadi (SWD) selaku Pengurus PT Aero Citra Kargo, Ainul Faqih (AF) selaku Staf istri Menteri KKP, Andreau Pribadi Misanta (APM) selaku Stafsus Menteri KKP, dan Amiril Mukminin (AM) selaku swasta.

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024