Rutin Tes Swab, Khofifah Dipastikan Tak Tertular Bupati Situbondo

Ketua Umum Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa usai pembukaan Rapat Kerja Nasional dan Musyawarah Kerja Nasional Muslimat NU di Kota Batu, Jawa Timur, Kamis, 29 Oktober 2020.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono mengatakan Gubernur Khofifah Indar Parawansa rutin melakukan tes usap atau swab test dan hasilnya negatif Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19. Karena itu, Heru memastikan Khofifah saat ini bebas dari virus yang mulai ditemukan di Wuhan, China, itu. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Kegiatan Ibu Gubernur sangat padat dan intensitasnya tinggi, karenanya beliau rutin melakukan tes swab. Terlebih, hal ini juga sangat penting untuk memastikan kesehatan beliau tetap terjaga," kata Heru di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 28 November 2020.

Salah satu kegiatan yang diikuti Khofifah baru-baru ini ialah acara Penyerahan SAKIP dan Penghargaan KOVABLIK dan KBK Provinsi Jatim Tahun 2020, yang digelar di The Singhasari Resort Batu pada 13 November 2020 lalu. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Kegiatan itu diketahui telah dihadiri bupati/wali kota se Jatim, termasuk Bupati Situbondo almarhum Dadang Wigiarto, dua pekan sebelum meninggal karena terdeteksi positif COVID-19.

Heru menegaskan, kegiatan itu mengharuskan peserta menaati protokol kesehatan, bahkan sebelum masuk ke lokasi acara. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Yang paling penting pada surat undangan telah tertulis para peserta harus menyerahkan hasil rapid test non reaktif atau swab negatif. Bahkan, kami juga menyediakan tim medis di lokasi acara untuk pemeriksaan rapid test pada tamu undangan secara langsung," ujarnya. 

Di lokasi acara, tempat duduk juga sudah diatur jaraknya setiap kursi untuk memastikan physical distancing telah sesuai. 

"Penyerahan SAKIP ini memang harus dilakukan oleh Ibu Gubernur, karena memang tugas beliau untuk menyampaikan secara langsung kepada para bupati/wali kota dan juga para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur," kata Heru. 

Usai kegiatan tersebut, lanjut Heru, Khofifah melakukan tes usap di RSPAD Jakarta pada 17 November 2020 untuk kegiatan di Jakarta. Berikutnya pada 23 November juga telah melakukan swab rutin di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Dua kali tes usap itu hasilnya negatif COVID-19. 

"Ibu Gubernur selalu rutin melakukan tes swab," kata mantan Bupati Tulungagung itu.

Baca juga: Kisah Wanita Muda Sembuh dari COVID-19 dan Ajakan Pakai Masker

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya